Cerpen Anak Yang Berjudul Dongeng Fabel Singa Yang Licik

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Minggu, 16 Februari 2020

Indolinear.com, Jakarta – Ayam tampak kebingungan. Ia kelaparan, namun persediaan makanan di hutan sudah habis. Ia pun harus berjalan ke pinggir hutan untuk mencari makanan.

Langkah Ayam terhenti ketika ia melihat sebuah ladang jagung yang sangat subur. Ia ingin memakan jagung-jagung itu, tapi ia takut ketahuan oleh pemilik ladang.

Akhirnya, Ayam memutuskan untuk bersembunyi di dekat ladang itu. Setelah beberapa hari mengamati ladang, ternyata tak ada siapa pun yang datang. Ayam merasa dirinya sangat beruntung, bisa menemukan ladang yang tak berpenghuni. Ayam pun tinggal di ladang itu dan memakan jagung yang ada di sana.

“Wah, enak sekali tinggal di ladang ini,” ucap Ayam, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (15/02/2020).

Meskipun Ayam tak kekurangan makanan, namun terus-menerus berada di ladang membuatnya bosan. Ayam pun meninggalkan ladangnya sesaat untuk menghilangkan penatnya. Ayam pergi ke hutan dan menemui semua teman-temannya.

Setelah puas berjalan-jalan, Ayam memutuskan untuk kembali ke ladang. Olala, ada yang tinggal di ladangnya. Seekor kelinci tampak lahap memakan jagung-jagungnya.

Ayam pun tak terima. Ia segera mendekati kelinci dan memarahinya.

“Hei, Kelinci! Apa yang kau lakukan di ladangku? Mengapa kau memakan makananku?” ucap Ayam, marah.

“Ini bukan ladangmu, ini ladangku,” balas Kelinci, tak mau kalah.

Keduanya bersikeras mengakui ladang itu ladang mereka. Hari semakin sore, tapi belum juga ada yang mau mengalah.

“Kita tak bisa terus-menerus merebutkan ladang ini. Lebih baik kita menemui Singa,” usul Ayam.

Singa adalah raja rimba yang bijaksana. Mungkin ia bisa menemukan siapa sesungguhnya pemilik ladang itu. Kelinci pun setuju. Mereka lalu bersama-sama menemui Singa.

Singa sangat senang melihat kedatangan Ayam dan Kelinci. Kebetulan, perutnya sudah berbunyi minta diisi. Mungkin inilah keberuntungan Singa. Ia pun merencanakan siasat untuk menangkap keduanya.

Ayam menjelaskan apa yang terjadi, tapi Singa berpura-pura tak mendengar cerita Ayam.

“Kalian bicara apa? Aku tak mendengar. Mendekatlah kepadaku, agar aku bisa mendengar kalian lebih jelas,” pinta Singa.

Tanpa rasa curiga, Ayam dan Kelinci berjalan mendekati Singa. Namun, tiba-tiba… Hap!  Singa menangkap koduanya. Ayam dan Kelinci pun menjadi santapan Singa.

Pesan moral dari Contoh Cerpen Anak Anak : Singa yang Licik adalah jangan bersikap seperti Singa, ya. Jika temanmu meminta saran, berikanlah saran dengan bijaksana. Yang kedua jangan berebutan dan mengakui barang orang lain sebagai milik kita. Dan yang terakhir jadilah orang pintar agar kita tidak dibodohi oleh orang lain. (Uli)

INDOLINEAR.TV