Cerpen Anak Sekolah Dasar Dari Yunani Landak Dan Ular

FOTO: dongengcreitarakyat.com/indolinear.com
Senin, 23 Maret 2020

Indolinear.com, Jakarta – Keluarga landak kebingungan. Tempat tinggal mereka rusak akibat kebakaran hutan. Mereka harus mencari tempat tinggal baru.

“Kita mau ke mana, Ayah?” tanya anak landak.

“Kita cari saja gua. Gua aman dari kebakaran hutan,” ucap Ayah Landak.

Mereka pun menuju ke salah satu gua. Gua itu tak terlalu besar. Namun, sepertinya cukup nyaman untuk mereka tempati.

“Apakah ada yang tinggal di gua ini?” seru Ayah Landak, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (22/03/2020).

“Tentu saja ada. Kami yang selama ini menempati gua ini. Gua ini adalah rumah kami,” ucap salah satu ular.

Rupanya di gua itu tinggal keluarga ular. Landak menceritakan apa yang menimpa mereka. Mendengar hal itu, Ular merasa iba.

“Lebih baik kalian tinggal di sini untuk sementara,” ucap Ular.

Alangkah senangnya keluarga landak Akhirnya mereka tinggal di gua yang tak terlalu besar itu.

Berhari-hari mereka tinggal bersama Ular. Ular sangat baik kepada mereka. Tetapi, lama kelamaan keluarga ular merasa terganggu dengan tubuh landak yang berduri. Terkadang, landak tak sengaja bersentuhan dengan ular. Tentu saja itu membuat tubuh ular terluka.

Akhirnya ular meminta secara baik-baik kepada landak agar landak keluar dari gua itu.

“Sepertinya kau harus mencari tempat tinggal baru. Kau tahu kan, kami sering terluka oleh tubuhmu yang berduri itu,” ujar Ular.

Keluarga landak tak mau pindah. Jika Ular keberatan tinggal dengan mereka, maka ularlah yang harus keluar dari gua, begitu pikir Ayah Landak.

“Kami sudah nyaman tinggal di sini. Kalau kalian tak nyaman tinggal bersama kami, kalian boleh pergi dari sini,” balas Ayah Landak.

Sebenarnya keluarga ular sangat marah. Keluarga landak sungguh tak tahu diri. Ular sudah menolongnya, namun kini malah ular yang diusir dari rumahnya.

“Dasar landak tak tahu diri,” dengus Ular

Landak yang mendengar hal itu hanya diam. Sementara itu, keluarga ular bersiap-siap pergi mencari tempat tinggal baru. Mereka tak mau terluka lagi akibat tubuh landak yang berduri. Sejak saat itu, ular tak mau berhubungan lagi dengan keluarga landak.

Pesan moral dari Contoh Cerpen Anak Sekolah Dasar adalah memiliki tubuh yang kuat bukan berarti bisa berbuat semaunya sendiri. (Uli)

INDOLINEAR.TV