Cerpen Anak Dari Cina Raja Yang Suka Peperangan

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Jumat, 10 September 2021
loading...

Indoliner.com, Jakarta – Seorang raja ingin memperluas kekuasaannya. Ia berpikir, untuk memperluas kekuasaan, maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah berperang. Sejak saat itu, negerinya terus menerus berperang, menyerang negara-negara lain untuk memperluas kekuasaan.

Hal itu tentu saja membuat rakyat menderita. Ada banyak prajurit yang mati, meninggalkan istri dan anak-anak.Tak hanya itu, ketika berperang, Raja jadi tidak fokus memikirkan kesejahteraan rakyatnya.

“Aku ingin memperluas wilayahku lagi. Apa ada cara lain selain berperang?” tanya Raja pada suatu hari kepada patihnya.

Selama ini Raja menganggap bahwa dengan berperanglah ia bisa memperluas wilayah kekuasaannya.

“Menurut saya, jika Raja terus berperang, Raja memang bisa memperluas kekuasaan.Tetapi, Raja tidak akan bisa membuat rakyat menjadi makmur,” ujar Patih, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (09/09/2021).

“Loh, kenapa? Dengan wilayah yang luas, negeri kita menjadi kaya, dan itu bisa membuat rakyat hidup makmur,”sangkal Raja.

“Taklukkan negara lain dengan kebaikan hati Raja. Dengan cara ini, rakyat akan hidup makmur, damai, dan sejahtera,”terang Patih.

“Menaklukkan kerajaan lain dengan peperangan sama saja memanjat pohon untuk mencari ikan. Sampai kapan pun Raja mencari ikan di pohon itu, Raja tak akan bisa mendapatkannya,”Patih melanjutkan pendapatnya.

“Aku akan tetap berperang untuk memperluas kekuasaanku. Aku yakin, jika wilayah kekuasaanku luas, maka rakyatku juga akan makmur,”ujar Raja.

Raja tak menghiraukan perkataan Patih. Ia tetap memilih untuk berperang agar wilayah kekuasaannya bertambah. Akibatnya, rakyat semakin menderita karena sang raja tak memperhatikan kesejahteraan mereka.

Pesan moral dari Cerpen Anak Sekolah SD : Raja Yang Suka Peperangan (Cina) adalah jika ingin memiliki sesuatu, dapatkanlah dengan cara yang terbaik. Cara yang tentunya tak merugikan orang lain. (Uli)