Cerita Rakyat Sebelum Tidur Dari Cina Mencari Pedang Di Laut

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Rabu, 11 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Suatu hari, ada pemuda yang ingin pergi ke negeri seberang. Ia harus naik perahu untuk sampai ke sana. Maka ia pun menyewa sebuah perahu milik nelayan, dan kemudian berlayar bersama dengan nelayan tersebut.

Pemuda itu asyik menikmati pemandangan laut. Ia terbuai hingga tanpa sadar pedangnya jatuh ke laut.

“Aduh, bagaimana ini? Laut ini terlalu dalam. Lebih baik aku menandai sisi perahu ini.Tadi pedangku terjatuh tepat di sisi perahu ini,”ucap pemuda itu.

Pemuda itu lantas menandai sisi perahu tersebut. Ia ingin mengambil pedangnya nanti, saat ia sudah sampai di tepi laut

Pemuda itu kembali menikmati pemandangan alam. Sementara nelayan pemilik perahu menjadi bingung. Tetapi, ia hanya diam saja.

Beberapa lama kemudian, sampailah mereka di negeri seberang. Pemuda itu mencari tanda yang ada di kapal tadi. Olala… tandanya masih ada. Pemuda itu langsung menceburkan diri ke tepi laut. Nelayan semakin bingung dibuatnya. Ia pun bertanya kepada pemuda itu.

“Kenapa kau menceburkan diri ke tepi laut? Padahal kan kita sudah hampir sampai,” tanya Nelayan, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (10/11/2020).

“Pedangku terjatuh tadi, dan aku sudah menandai perahumu tepat di mana pedangku terjatuh.” ucap pemuda itu.

“Di mana pedangmu jatuh?” Tanya Nelayan.

“Pedangku jatuh tepat di sisi perahumu. Jatuhnya tadi saat kita di tengah laut. Tetapi tadi aku takut untuk mengambilnya, karena laut sangat dalam. Sekarang kan aku sudah di tepi laut jadi tak terlalu dalam,” balas si Pemuda.

“Kau tak mungkin menemukan pedangmu, meskipun kau sudah menandai kapalku. Pedangmu jatuh di laut, bukan di tepi taut,’ ujar Netayan.

Tetapi pemuda itu terus saja mencarinya.  Lama ia mencari sampai dirinya merasa lelah. Betul apa yang dikatakan oleh Nelayan. Pedangnya tak ada di tepi laut.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Sebelum Tidur : Mencari Pedang Di Laut (Cina) adalah pandailah bersikap. Berpikirlah dahulu sebelum bertindak agar kau tak terlihat bodoh. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: