Cerita Rakyat Pendek Dari Yunani Anjing Bodoh Yang Serakah

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Rabu, 24 Maret 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Seekor anjing berhasil mencuri sepotong daging dari rumah penduduk. la berlari membawa daging itu ke sarangnya. “Aku akan menikmati daging yang lezat ini di rumahku,” pikirnya.

Kemudian, anjing pun berjalan sampai akhirnya tiba di tepi sebuah sungai. la harus menyeberangi sungai itu untuk menuju rumahnya.

Ketika memandang ke permukaan sungai, anjing itu melihat seekor anjing lain di dalam air yang juga sedang menggigit potongan daging. la tidak tahu kalau anjing dalam air itu adalah bayangannya sendiri. Rasa serakah si anjing membuatnya mengira potongan daging yang digigit anjing di dalam air itu lebih besar.

“Wah, anjing itu punya daging yang lebih besar dibandingkan dagingku. Aku harus merebutnya,, pikirnya, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (23/03/2021).

la menakuti anjing di dalam air agar menjatuhkan dagingnya. Tapi, anjing di dalam air balas menakutinya dan tidak menjatuhkan dagingnya.

Anjing terus mencoba menakutinya. Tapi, anjing dalam air semakin membalas menakutinya.

Anjing itu pun marah. la menerjang ke dalam air hendak menyerang. Saat itulah daging dalam mulutnya lepas dan terbawa arus sungai.

Anjing dalam air juga ternyata kehilangan dagingnya. Kini, anjing yang serakah itu bukannya mendapatkan dua potong daging, justru kehilangan dagingnya.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Pendek Dari Yunani adalah jangan jadi anak yang bodo dan serakah. Syukurilah apa yang kamu punya. Jangan iri pada apa yang dimiliki oleh orang lain. Belum tentu yang dimiliki orang lain akan baik untukmu. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: