Cerita Rakyat Pendek Dari Inggris Dick Anak Yang Nakal

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Selasa, 28 Juli 2020

Indolinear.com, Jakarta – Berisik sekali suara di atas atap itu. Itu pasti suara tikus yang sedang berkejaran,” ucap Harry. Benar saja, di rumahnya memang banyak sekali tikus. Hal itu membuat Harry susah sekali tidur.

“Besok akan aku tangkap tikus-tikus itu,” ucapnya.

Keesokan harinya, Harry memanggil ibunya. Ia minta pada ibunya agar dibelikan perangkap tikus.

“Aku akan membelinya untukmu,” ujar ibunya.

“Aku tak mau perangkap yang bisa membunuh tikus-tikus itu, Bu. Aku ingin merawat tikus-tikus itu dengan baik.” ucap Harry.

Ibunya lalu membeli perangkap tikus berbentuk kandang. Jadi, tikus-tikus tidak akan mati jika masuk ke kandang itu. Malam harinya, Harry memasang perangkap itu. Ia menaruh keju di dalam perangkap tersebut. Alhasil, banyak tikus yang tertangkap olehnya.

Harry memindahkan tikus-tikus itu ke dalam kandang khusus. Ia akan merawat tikus-tikus itu dengan baik. Sepulang sekolah, Harry selalu memberi makan tikus-tikus itu. Harry menyayangi tikus-tikus itu.

Harry pergi ke sekolah. Di sekolah ada anak yang tak suka dengannya. Namanya Dick. Dick adalah anak yang sangat nakal. Setiap hari ia selalu membuat onar di kelas. Hingga Dick menantang Harry untuk bermain. Harry mengalahkan Dick dalam permainan itu. Sungguh kesal hati Dick.

“Akan kubalas kau,” dengus Dick, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (27/07/2020).

Sepulang sekolah, Dick pergi ke rumah Harry. Dick tahu bahwa Harry sedang tak ada di rumah. Dick juga tahu bahwa Harry memiliki banyak tikus di rumahnya. Dick sengaja membawa kucing-kucingnya. Kemudian ia menemui ibu Harry.

“Aku ke sini mau mengambil sesuatu. Aku disuruh Harry,” ucap Dick.

Ibu Harry sama sekali tak menaruh curiga. Ia mempersilakan Dick masuk ke kamar Harry. Dick langsung memasukkan kucingnya ke dalam kandang tikus milik Harry. Alhasil, semua tikus dimangsa oleh kucing-kucing Dick. Usai melakukan itu, Dick pamit dengan Ibu Harry.

Sore hari, Harry baru sampai di rumahnya. Harry kaget saat mendapati tikus-tikus kesayangannya telah tiada.

“Siapa yang telah masuk ke kamarku, Ibu?” tanya Harry.

“Dick tadi ke sini. Ia bilang kau yang menyuruhnya. Ia masuk ke kamarmu,” jawab ibunya.

Alangkah sedih hati Harry. Rupanya Dick membalas kekalahannya dengan membunuh tikus-tikus milik Harry.

Teman-teman sekolah mereka mengetahui kejahatan yang dilakukan oleh Dick. Sejak saat itu, tak ada lagi yang mau berteman dengan Dick. Kini, Dick selalu sendiri saat di sekolahnya. Ia tak memiliki teman bermain lagi seperti dulu.

Pesan moral dari kumpulan cerita rakyat : Dick Anak Yang Nakal (Inggris) adalah jangan jadi anak pendendam. Kalau kau suka mendendam, maka kau akan rugi sendiri. (Uli)