Cerita Rakyat Pendek Dari China Lelaki Yang Ingin Hidup Selamanya

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Rabu, 8 Juli 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Ada seorang lelaki yang ingin hidup selamanya. Ia sangat takut mati. Laki-aki itu lalu mencari cara agar dirinya bisa hidup selamanya. Ia pernah mendengar sebuah cerita bahwa ada naga yang bisa hidup selamanya.

“Aku harus mencari naga itu,” ucap lelaki tersebut.

Lelaki itu pergi ke sebuah sungai yang merupakan tempat tinggal naga. Ia ingin mengetahui rahasia yang dimiliki naga, bagaimana naga itu bisa hidup selamanya. Lelaki itu lalu berteriak memanggil naga.

“Hei Naga, keluarlah! Aku ingin menanyakan sesuatu padamu!” seru lelaki itu.

Naga pun keluar dari tempat istirahatnya. Ia menemui laki-laki itu.

“Apa yang ingin kau tanyakan padaku?” tanya Naga, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (07/07/2020).

“Aku dengar kau bisa hidup selamanya. Aku ingin sepertimu. Aku juga ingin hidup selamanya,” ujar lelaki itu.

Naga menghela napas. Selama ini memang banyak yang menginginkan hal itu. Tetapi, banyak pula orang yang menyesal setelah keinginannya itu tercapai.

“Akan aku bawa kau ke sebuah tempat. Naiklah ke punggungku,” ujar Naga.

Naga lalu membawa lelaki itu ke sebuah desa. Desa itu bernama desa abadi. Manusia di sana tidak bisa mati.

“Kau lihat. Mereka bisa hidup selamanya. Tetapi, kebanyakan dari mereka malah menginginkan kematian. Banyak dari mereka yang meminum racun agar mati. Tetapi, mereka tak kunjung mati. Mereka bosan hidup terlalu lama,” kisah Naga.

Lelaki itu melihat banyak orang yang bersedih di desa itu. Ada yang terlihat sangat kurus karena dirinya ingin mati. Ada yang terlihat menangis, menginginkan kematiannya.

Lelaki itu lalu berpikir. Benar apa yang dikatakan oleh Naga. Ia harus menerima apa yang telah Tuhan anugerahkan. Kematian adalah sebuah takdir yang harus diterima. Jadi, ia tak boleh takut, apalagi berusaha menghindarinya.

“Bagaimana, apa kau masih ingin hidup selamanya? Kau bisa menjadi bagian dari mereka jika kau mau,” tanya Naga, memastikan.

Lelaki itu menggeleng dengan cepat. Ia ingin kembali ke desanya. Ia tak mau hidup selamanya seperti impiannya selama ini.

“Aku akan menerima apa pun yang terjadi denganku. Rupanya, hidup selamanya pun tidak enak. Aku ingin menjadi diriku sendiri saja. Menerima keadaan yang Tuhan anugerahkan,” ujar lelaki itu.

Naga tersenyum mendengar jawaban lelaki tersebut. Naga pun membawa lelaki itu kembali ke tepi sungai. Lelaki itu berterima kasih kepada Naga karena telah menyadarkannya. Sejak saat itu, di negeri Cina, jika manusia bertemu dengan naga, mereka akan mengatakan bahwa mereka tak mau hidup selamanya.

Pesan moral dari kumpulan cerita dongeng anak anak ini adalah terimalah anugerah yang Tuhan berikan dengan sebaik-baiknya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: