Cerita Rakyat Estonia Yang Berjudul Nasib Laba-Laba Pembohong

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Rabu, 14 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Suatu hari, angin beristirahat setelah sekian lama bertiup. Di puncak bukit, di balik batu besar, angin tertidur panjang.

Sementara itu, para binatang mulai merindukan angin. Mereka pun mengirimkan laba-laba untuk mencari angin. Tidak lama, laba-laba menemukan angin dan membangunkannya.

Angin tidak suka tidurnya diganggu oleh laba- laba. Angin pun mengusir laba-laba dan kembali tidur.

Karena laba-laba berjalan dengan perlahan, butuh waktu yang lama baginya turun dari bukit. Dalam perjalanannya, dia bertemu lalat yang juga dikirim untuk mencari angin.

Laba-laba berbohong kepada lalat dengan mengatakan bahwa ia telah menemukan angin dan berhasil membujuknya. Padahal, sebenarnya angin mengusir laba-laba, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (13/07/2021).

Mendengar berita bagus itu, lalat pulang Iebih dulu dan berencana mengakui bahwa ia yang terlebih dulu bertemu angin, bukannya laba-laba. la berharap akan mendapatkan pujian dari para binatang.

Rencananya berjalan lancar. Ia tiba di bawah sebelum laba-laba. Dengan sombong, lalat menceritakan perjalanan beratnya untuk menemukan angin.

Para binatang merayakan keberhasilan Lalat dan memuji lalat setinggi Iangit. Sementara, saat laba-laba pulang, ia diusir oleh para binatang karena tidak berhasil menemukan angin.

Sejak saat itulah laba-laba dan lalat menjadi musuh. Laba-laba sengaja membuat jebakan untuk membunuh dan memakan lalat. Sementara itu, angin sudah bangun dari tidur dan mulai bertiup kembali.

Pesan Moral dari Ciri Ciri Cerita Rakyat Estonia : Nasib Laba-Laba Pembohong adalah Jangan suka berbohong. Sekali saja berbohong maka kamu akan kehilangan kepercayaan dari orang lain. Orang tidak akan pernah lagi percaya kepadamu. (Uli)