Cerita Rakyat Dunia Pendek Dari Rusia Berjudul Legenda Putri Salju

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Kamis, 22 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dahulu kala, hiduplah seorang kakek dan nenek. Mereka hidup kesepian karena tidak punya anak. Suatu hari pada musim dingin, kakek dan nenek itu melihat anak-anak tetangga sedang asyik bermain lempar bola salju dan membuat boneka salju. “Ohhh, andai saja kita punya seorang anak,” keluh si kakek.

Nenek terdiam. la, merasa kasihan kepada kakek. “Ayo kita buat manusia saiju juga, Kek?” hibur si nenek.

Mereka lalu keluar rumah dan membuat boneka anak perempuan. Tidak lama, bonekanya selesai dibuat. Kakek menambahkan dahan sebagai tangannya, daun tanaman merambat sebagai rambutnya, batang kayu sebagai hidung, serta manik-manik sebagai mulut dan mata.

Saat tengah malam, atas karunia Tuhan, boneka saiju itu berubah jadi anak perempuan yang cantik. Kakek dan nenek saling berpelukan. “Tuhan mendengar doa kita,” teriak mereka. Mereka memberinya nama Putri Salju.

Hari berlalu, musim dingin pergi dan musim semi datang. Putri saiju bersedih karena tidak bisa main di luar. la akan mati jika kena sinar matahari.

Saat duduk di dekat jendela, sebuah Iayang-layang tersangkut di sebuah dahan pohon dekat jendela. “Ambilkan layang-layang itu, Putri Salju,” kata temannya, dilansir dari Donhengceritarakyat.com (21/07/2021).

Putri Saiju naik ke atas jendela dan meraih layang-layang. Tapi, ia terpeleset dan jatuh ke luar. Putri Saiju menjerit, tapi terlambat. Tubuhnya menguap ke udara.

Hingga larut malam, kakek dan nenek menangisi kematian Putri Saiju. Tiba-tiba, ada suara memanggil, “Kakek, Nenek.” Saat keluar, mereka melihat Putri Salju melayang.

“Jangan bersedih. Kini, aku tinggal dengan Sinterklas. Aku membantunya membagikan hadiah natal. Aku janji akan selalu mengunjungi kalian setiap musim dingin,” kata Putri Saiju sambil tersenyum.

Kakek dan nenek menangis tersedu. Tapi, mereka lega karena Putri Saiju berada di tempat yang lebih baik.

Pesan Moral dari Cerpen Cerita Rakyat Dunia Pendek Dari Rusia adalah berdoalah selalu kepada Tuhan agar keinginanmu tercapai. Saat terpisah dengan seseorang kamu boleh bersedih. Tapi, jangan lama-lama. Sebab, orang yang kamu sayangi tidak benar-benar pergi. Mereka akan selalu di hatimu meskipun tidak berada di hadapanmu. (Uli)