Cerita Rakyat Dongeng Dari China Gadis Kecil Yang Cerdas

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Minggu, 19 Juli 2020

Indolinear.com, Jakarta – Di sebuah rumah yang cukup besar, tinggallah seorang bapak dengan tiga anak lelakinya. Semua anak lelakinya sudah memiliki istri. Istri-istri mereka juga tinggal serumah dengan mereka. Suatu hari, ketiga menantu bapak itu meminta izin untuk bertemu dengan orangtua mereka masing-masing. Tetapi, sang Mertua keberatan.

“Kami sudah sangat rindu dengan ibu kami. Izinkanlah kami pergi ke sana, Bapak,” pinta ketiga menantunya.

“Baiklah, aku akan menuruti permintaan kalian. Tetapi, saat kalian pulang nanti, bawakan hadiah untukku. Kau menantu pertama, bawalah api dalam kertas. Menantu kedua, bawalah angin dalam kertas. Sedangkan kau menantu ketiga, bawalah musik di dalam angin,” pinta mertua mereka.

Ketiga menantu itu bingung dengan syarat yang diajukan oleh sang Mertua. Namun, mereka tetap pergi ke rumah orangtua mereka.

Setelah seminggu berada di rumah orangtua masing-masing, mereka masih belum juga menemukan hadiah yang diinginkan oleh sang Mertua. Akhirnya ketiga menantu itu pun sepakat untuk bertemu. Mereka hendak membicarakan masalah tersebut.

“Aku bingung, apa yang dimaksudkan oleh mertua kita,” ujar Menantu Pertama, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (18/07/2020).

“Jika kita tak membawa hadiah itu, kita tak boleh kembali ke sana,” sahut Menantu Kedua.

“Lebih  baik kita kembali ke sana saja sekarang. Barangkali mertua kita mau memaafkan kita,” ucap Menantu Ketiga.

Mereka pun berniat untuk kembali ke rumah sang mertua. Tetapi, saat sedang berjalan, mereka bertemu dengan seorang gadis kecil. Gadis kecil itu melihat tiga perempuan yang sedang bingung. Ia pun bertanya kepada mereka.

“Kenapa wajah kalian terlihat murung?” tanya gadis kecil itu.

Ketiga menantu itu lalu menceritakan masalah mereka.

“Memangnya apa yang mertua kalian minta?” tanya si Gadis Kecil.

“Api dalam kertas, angin dalam kertas, dan musik dalam angin,” jawab Menantu Pertama.

“Itu syarat yang sangat mudah,” seru Gadis Kecil.

Ketiga menantu itu sangat senang. Mereka nyaris tak percaya bahwa ada gadis kecil yang menganggap syarat itu mudah.

“Pertama, api dalam kertas, itu sama dengan lentera kertas. Kedua, angin dalam kertas, itu adalah kipas yang terbuat dari kertas. Lalu, syarat ketiga, musik dalam angin, itu adalah sebuah lonceng,” ujar gadis kecil itu.

Ketiga menantu itu sangat senang. Mereka berterima kasih kepada gadis kecil tersebut. Mereka pun pulang ke rumah mertua mereka dengan membawa syarat tersebut. Sang Mertua sungguh kaget, rupanya ketiga menantunya bisa memecahkan syarat yang ia berikan. Ia pun bertanya kepada ketiga menantunya. Bagaimana mereka bisa mengetahui hal itu.

“Ada seorang gadis kecil yang memberi tahu kami tentang ini,” ujar salah satu menantunya.

Sang Mertua lalu mencari gadis kecil itu. Setelah menemukannya, ia mengangkatnya sebagai anak.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Dongeng : Gadis Kecil Yang Cerdas (Cina) adalah  rajinlah belajar agar menjadi anak yang pintar. (Uli)

loading...