Cerita Rakyat Dari Yunani Petani Bijaksana Dan Tiga Putranya

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Rabu, 2 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Seorang petani tua jatuh sakit. la tahu waktu hidupnya tidak lama lagi. la pun memanggil ketiga anaknya untuk menyampaikan amanat.

“Putra-putraku, pertahankan ladang yang aku wariskan untuk kalian. Jangan kalian jual karena di tanah itu ada harta karun. Aku tidak akan memberitahu di mana Ietaknya. Kalian harus mencarinya sendiri. Ingat, kalian jangan mudah menyerah! Kelak, kalian akan berhasil,” kata petani tua itu.

Beberapa hari kemudian, petani itu meninggal dunia. Ketiga putranya berkumpul dan mereka membagi tanah ladang warisan ayah mereka sama rata. Masing-masing, akan menggali Iadang bagiannya dengan hati-hati.

Setiap jengkal tanah, mereka gali dengan cangkul. Mereka melakukannya berulang kali seperti nasihat ayahnya. Tapi, mereka tetap tidak menemukan harta karun itu.

“Ayah adalah orang yang jujur dan bijaksana,” kata anak tertua, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (01/09/2020).

“Dia tidak mungkin menyuruh kita mencari harta jika tidak ada harta,” lanjutnya.

“Ya, kita mencangkul tanah ini berulang kali tapi tidak ada harta. Kini, ladang kita sudah layak di- tanami gandum karena kita mencangkul berulang-ulang,” kata anak bungsu.

Mereka setuju untuk menanam gandum di ladang. Saat musim panen tiba, ladang mereka menghasilkan gandum yang banyak dan bagus. Mereka sangat senang dengan basil panennya.

Anak kedua berkata, “Aku pikir, mungkin inilah yang dimaksud Ayah. Kita memang tidak mendapatkan harta di ladang kita, tapi kita sekarang punya harta hasil dari panen ini. Ayah kita memang bijaksana.”

“Benar. Kita akan mengolah Iadang Iebih baik lagi tahun depan,” kata anak tertua.

Dari tahun ke tahun, panen ketiga anak petani semakin melimpah. Mereka pun hidup bahagia dan berkecukupan.

Pesan Moral dari ciri-ciri cerita anak : Petani Bijaksana Dan Tiga Putranya adalah Lakukan perintah dan nasihat orangtuarnu. Jika kamu menginginkan sesuatu, dapatkanlah dengan berusaha sendiri. Jangan suka menempuh jalan pintas. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: