Cerita Rakyat Dari Yunani Gagak Yang Tidak Pernah Bersyukur

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Kamis, 3 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Aku benci bulu hitamku. Walaupun mengkilap, aku tetap tidak suka,” kata gagak yang angkuh dan tidak pernah bersyukur.

“Ah, aku ingin menjadi seperti merak. Dia punya bulu yang indah dan berwarna-warni,” kata gagak lagi.

Setelah mengucapkan itu, gagak terbang ke sebuah peternakan dan menemukan beberapa bulu merak yang copot. la memungut bulu-bulu itu dengan paruhnya, lalu memasang bulu-bulu itu di antara bulunya sendiri.

Lalu, gagak berjalan hilir mudik sambil menirukan gaya berjalan burung merak. la bangga sekali dengan bulu-bulu barunya.

Sekumpulan burung merak melihat apa yang dilakukan gagak angkuh itu. Mereka tidak mau gagak berusaha meniru mereka. lalu, burung-burung merak itu terbang dan menyerang gagak.

“Pergi sana kau peniru!” kata burung merak sambil mencabuti bulu merak di tubuh gagak, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (02/09/2020).

Untung saja gagak masih bisa menyelamatkan diri. la segera pulang ke kawanan burung gagak. Namun, salah satu burung gagak mengetahui kelakukan gagak peniru itu.

“Kau tidak suka menjadi gagak, bukan? Sana pergi! Kau tidak tahu cara bersyukur,” kata pimpinan kawanan gagak kepada gagak si peniru.

Akhirnya, gagak peniru diusir dari kawanannya. la pergi ke hutan, hidup seorang diri dan kesepian. Tidak ada yang mau berteman dengannya. Itulah akibat ulahnya yang tidak bersyukur dengan keadaannya sendiri.

Pesan Moral dari Ciri Ciri Cerita Rakyat Pada Dongeng Yunani adalah syukuri apa adanya dirimu. Jangan iri pada orang lain. Orang lain akan lebih menghargai kamu jika kamu menjadi diri kamu sendiri. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: