Cerita Rakyat Dari Yunani Berjudul Tangan Ajaib Raja

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Selasa, 24 Agustus 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dahulu kala, ada seorang raja yang tamak. Ia sering kali membuat rakyatnya menderita. Raja itu tak segan-segan menaikkan pajak sesuka hatinya. Hal itu membuat dewa marah. Sang Dewa pun segera menemuinya.

“Aku akan mengabulkan permintaanmu, asal kau tak menindas rakyatmu lagi,” ucap Dewa, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (23/08/2021).

Raja lalu meminta agar apa pun yang dia sentuh bisa berubah menjadi emas. Dewa mengabulkan permintaan Raja. Olala… senang sekali hati Raja. Ia tertawa terbahak-bahak, mengagumi kehebatannya sendiri.

Raja menyentuh kursi miliknya. Cring! Kursi itu langsung berubah menjadi kursi emas. Kemudian Raja menyentuh benda-benda apa saja yang ia temui di dalam istana.

”Akhirnya aku bisa menjadi raja yang paling kaya di dunia! Apa pun yang aku sentuh akan berubah menjadi emas!” seru Raja.

Raja menyentuh pelayannya. Seketika pelayannya berubah menjadi patung emas. Semua penghuni istana jadi takut. Mereka takut diubah menjadi emas.

Tibalah saat raja makan. Raja menyentuh sendok dan garpu. Seketika sendok dan garpu itu berubah menjadi emas. Raja juga menyentuh gelas miliknya. Langsung saja gelas dan airnya berubah menjadi emas.

“Bagaimana aku akan makan kalau semua yang aku sentuh berubah menjadi emas?” ucap Raja, bingung.

Hari itu raja tidak bisa menikmati makanannya. Tentu saja, sebab semua makanan yang ia sentuh berubah menjadi emas. Perut Raja mulai kelaparan. Ia jadi sangat sedih.

Saat sedang merenung, Raja menyadari bahwa kekayaan bukanlah segalanya. Ia telah salah menilai. Kemudian Raja memohon ampun kepada Dewa. Ia juga memohon agar Dewa mengembalikan dirinya seperti semula. Ia berjanji untuk memperbaiki kesalahannya.

Dewa mengabulkan perrnintaan Raja. Sejak saat itu, Raja tak lagi serakah. Kini, ia Iebih menikmati hidupnya dengan berbuat kebaikan untuk sesama. Sejak saat itu, Raja kembali disayangi dan dihormati oleh rakyatnya.

“Ternyata berbuat kebaikan itu lebih indah daripada menyakiti orang lain,” ucap Raja. Sore itu Raja menikmati senja di luar istana.

Pesan moral dari Ringkasan Cerita Rakyat Yunani : Tangan Ajaib Raja adalah kekayaan sesungguhnya adalah saat kita bisa membuat orang lain tersenyum. (Uli)