Cerita Rakyat Dari Yunani Anak Anjing Dan Bayangannya

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Sabtu, 5 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – “Aku akan pergi menjelajahi dunia,” kata anak anjing sambil membusungkan dada. Ia berlari menyusuri bukit menuju lembah. Tidak lama, ia tiba di sebuah sungai kecil dan terkejut saat melihat ke dalam air.

“Hei, aneh sekali. Aku tidak tahu kalau di sekitar sini ada juga anak anjing seperti aku. Tapi, dia tidak mirip dengan kakak-kakakku. Lagipula, kakakku sedang tidur di rumah,” kata anak anjing kebingungan.

Ia memutuskan kembali ke bukit untuk mengadu kepadanya ibunya. “Ibu, aku menemukan sesuatu yang tidak kau ketahui. Ada anak anjing yang hidup di lembah,” kata anak anjing.

“Kau mimpi atau melihat bayanganmu sendiri, Anakku?” tanya ibu anjing.

“Aku tahu apa yang aku lihat, Ibu. Aku tidak mimpi. Itu juga bukan bayanganku. Itu adalah anak anjing,” kata anak anjing bersikeras.

“Ayo aku tunjukkan, Ibu,” lanjut anak anjing, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (04/09/2020).

Ibu anjing terpaksa mengikuti anaknya. Tidak lama, mereka tiba di sungai kecil di lembah. “Ah, beruntung sekali. Dia masih di sini, Ibu,” kata anak anjing sambil melihat ke dalam air.

“Hahaha, itu bayanganmu sendiri, Anakku,” kata ibu anjing.

“Tidak, mataku lebih bagus daripada matanya,” kata anak anjing. Lalu, ibu anjing berdiri di sebelah anaknya.

“Aneh sekali. Itu dia ibunya datang. Aku tidak melihatnya sebelum ini. Mengapa mereka tinggal di dalam air, ya?” kata anak anjing.

“Haha, kau anak bodoh. Itu bayangan kita. Makanya mirip kita,” kata ibu anjing.

Ibu anjing menjatuhkan batu ke dalam air dan bayangan mereka pun hilang. “Lihat! Itu hanya bayangan kita,” kata ibu anjing.

Anak anjing diam kebingungan dan mengikuti

ibunya pulang. “Ternyata, masih banyak yang belum kumengerti di dunia ini. Aku tidak boleh sombong,” kata anak anjing.

Pesan Moral dari Jenis Jenis Cerita Rakyat dari Yunani adalah percaya diri adalah sifat yang baik, namun jangan sampai sifat terlalu pertaya diri membuatmu menjadi sombong. Dengarkan selalu nasihat orangtuamu. Sebab, nasihat orangtuamu adalah untuk kebaikanmu. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: