Cerita Rakyat Dari Spanyol Berjudul Rahasia Perawat Kuda

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Selasa, 20 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Ada seorang pemuda yang bertugas merawat kuda milik Raja. Kuda itu sangat penurut dan patuh kepada si pemuda. Kuda berwarna hitam mengkilat tersebut dirawat oleh si pemuda dengan sangat baik. Pemuda itu begitu telaten merawatnya. Raja menyukai pemuda itu karena telah berhasil membuat kuda kesayangannya menjadi sehat dan terlihat gagah.

Suatu hari, Raja memperhatikan pemuda itu saat sedang memberi makan kuda kesayangannya. Kuda itu memakan rumput dengan sangat lahap. Raja ingin sekali melakukannya. Selama ini ia tak pernah memberikan makanan secara langsung kepada kuda miliknya.

Saat pemuda itu sibuk dengan hal lain, Raja mengambil rumput dan memberikannya kepada kudanya.Tetapi, kuda itu malah berpaling.Tentu saja Raja menjadi kesal. Ia pun pulang ke istana dengan hati dongkol.

“Sepertinya kau sedang kesal. Apa gerangan yang membuatmu begitu,” tanya Ratu, penasaran, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (19/10/2020).

“Aku kesal dengan kudaku si hitam. Saat aku mau memberinya makan, dia malah berpaling. Tetapi saat pemuda perawat kuda memberikan makanan kepadanya, dia makan dengan sangat lahap. Aku akan sembelih kuda itu sebagai hukuman,” dengus Raja, kesal.

Ratu tersenyurn mendengar cerita Raja. Biasanya Raja tidak mudah tersinggung, tetapi terhadap kudanya ia begitu marah.

Raja akhirnya menyuruh prajurit untuk menyelidiki hal itu. Tentang bagaimana kudanya bisa makan dengan lahap jika yang memberi makanannya adalah si pemuda yang merawatnya.

Beberapa hari berlalu. Prajurit itu akhirnya tahu. Rupanya saat memberi makan kuda, si pemuda mengoleskan rumput-rumput dengan madu. Makanya kuda itu memakan rumput tersebut dengan lahap. Kuda hitam itu ternyata sangat menyukai madu.

Prajurit pun memberi tahu Raja. Olala… kemarin saat Raja memberikan rumput, ia memang tak mengoleskannya dengan madu. Setelah mengetahui rahasia itu, Raja mencoba mengoleskan rumput dengan madu, lain memberikannya kepada kudanya.

Wah, senang sekali hati Raja. Kudanya memakan dengan lahap rumput yang ia berikan. Untung saja Raja belum menyembelih kuda itu. Ia telah salah sangka. Semua ini berkat ratu. Ratu memang selalu berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Spanyol : Rahasia Perawat Kuda (Spanyol) adalah jangan mudah tersinggung. Belum tentu apa yang kau pikirkan itu benar. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: