Cerita Rakyat Dari Negara Cina Si Bodoh Membuat Tanda

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Sabtu, 29 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dahulu kala, pada masa Kerajaan Chu, ada seorang laki-laki yang sangat bodoh. la sangat bodoh sampai-sampai orang memanggilnya “si Bodoh”.

Suatu hari, ia pergi memancing di tengah danau. la mendayung perahunya ke tengah danau dan mulai memancing. la membawa pancing dan juga tombaknya.

Tidak lama, ia melihat seekor ikan besar di dalam air. Saat akan mengambil tombaknya, angin bertiup kencang hingga perahunya oleng. Tombaknya terlepas dari pegangan dan jatuh ke dalam danau.

Si Bodoh langsung membuat tanda di perahunya. “Tepat di sini tombakku terjatuh. Aku akan mencarinya nanti saat angin berhenti,” pikirnya, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (28/08/2020).

Sementara itu, tiupan angin kencang menyebabkan perahunya berpindah. Saat angin berhenti, perahu itu sudah berpindah jauh sekali dari tempat semula. la pun menyelam dalam air untuk mencari tombaknya tepat di dekat tanda yang dibuat di perahunya.

Tentu saja ia tidak bisa menemukan tombaknya di situ. la sangat sedih karena tombak itu adalah peninggalan ayahnya. Akhirnya, ia memutuskan untuk pulang.

Sesampainya di rumah, ia menceritakan kejadian itu kepada tetangganya. Tetangganya itu tertawa terbahak-bahak mendengar kebodohannya. Si Bodoh sendiri bingung melihat tetangganya yang tertawa-tawa.

“Kau ini bodoh sekali. Tentu saja kau tidak akan menemukan tombak itu. Kau memberi tanda di perahu yang berpindah tertiup angin, sementara tombakmu masih di tempat semula di dalam air,” kata tetangganya.

Si Bodoh masih diam kebingungan sambil menggaruk-garuk kepala. “Bagaimana?” tanyanya dengan lugu. Tetangganya hanya bisa menggeleng-geleng kepala.

Pesan Moral dari Dongeng anak Cina : Si Bodoh Membuat Tanda adalah anak yang bodoh hanya akan menjadi bahan tertawaan. Agar kamu tidak bodoh, belajarlah yang rajin dan banyak membaca. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: