Cerita Rakyat Dari Inggris Berjudul Jack Si Pemalas

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Rabu, 19 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Jack hidup bersama ibunya. Mereka hidup miskin. Tapi Jack malas bekerja. Setiap hari, ia hanya tidur-tiduran saja. Itulah mengapa orang memanggilnya Jack si Pemalas.

“Kalau kamu tidak mau bekerja, lebih baik pergi!” ancam ibunya. Jack ketakutan dan memutuskan untuk bekerja.

Hari itu, Jack bekerja di ladang tetangganya. la diberi upah satu sen. Sayangnya, ia menghilangkan uang itu. “Kamu ini bodoh. Seharusnya kamu masukkan uangnya ke dalam kantong celana,” kata ibunya.

“Aku akan melakukan itu lain kali, Bu,” jawab Jack, diilansir dari Dongengceritarakyat.com (18/08/2020).

Esoknya, Jack bekerja di peternakan sapi. la diberi upah sebotol susu. Jack memasukkan botol susu ke kantung celananya seperti pesan ibu.Tanpa dia sadari, susunya tumpah saat Jack berjalan.

“Ya ampun, Jack. Kamu ini bodoh sekali,” kata ibunya. “Seharusnya kamu memanggul botol susu itu di atas bahumu.”

“Aku akan melakukan itu lain kali, Bu,” jawab Jack ketakutan.

Esoknya lagi, Jack bekerja di peternakan keledai. Jack diberi upah seekor anak kambing. la memanggul anak kambing itu di bahunya sesuai pesan ibunya. Jack kesulitan melakukannya karena anak kambing itu terus menendang-nendang. Meski demikian, dengan susah payah ia berhasil membawa anak kambing itu pulang.

Pada saat bersamaan, seorang gadis bisu dan tuli tertawa terpingkal-pingkal melihat tingkah Jack. Gadis itu tidak pernah tertawa seumur hidupnya. Dokter mengatakan, gadis itu akan bisa berbicara jika seseorang membuatnya tertawa.

Orangtua si gadis yang kaya raya sangat senang dengan kesembuhan anaknya. Mereka pun menikahkan anaknya dengan Jack si Pemalas. Akhirnya, Jack dan istrinya hidup bahagia selamanya.

Pesan Moral dari Cerpen Cerita Rakyat Dari Inggris: Jack Si Pemalas adalah Jangan jadi anak pernalas. Tidak semua orang seberuntung Jack. Dan keberuntungan seperti Jack hanya ada di dalam dongeng. Dalam kehidupan nyata, kamu harus rajin agar pintar dan sukses. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: