Cerita Rakyat dari India Buaya Bodoh Yang Tetap Mengincar Monyet

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Selasa, 11 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Monyet tinggal di pohon besar di hilir sungai untuk menjauhi buaya. Tapi, buaya tetap menemukannya. Buaya telah lama mengincar monyet. Walaupun ia selalu gagal menangkap monyet, ia tidak mau menyerah.

Di tengah sungai itu ada sebuah pulau kecil yang ditumbuhi pohon-pohon apel. Di antara pulau dan pohon tempat monyet tinggal, terdapat sebuah batu besar. Monyet biasa melompat ke batu itu, lalu melompat ke pulau untuk makan buah apel.

“Aku akan menangkap monyet saat ia pulang dari pulau,” pikir buaya.

Saat malam tiba, buaya naik ke batu di tengah sungai. la menunggu monyet melompat ke batu itu.

Saat akan melompat untuk pulang ke pohonnya, monyet melihat bayangan hitam di batu. “Kenapa batu itu terlihat lebih tinggi? Ah, jangan-jangan ada buaya di atas batu itu,” pikir monyet.

Monyet mencari akal. Tidak lama kemudian, ia berteriak, “Halo, Batu?” Tapi tidak ada jawaban.

“Ada apa, wahai batu sahabatku? Biasanya kau menjawab sapaanku?” kata monyet lagi.

“Oh, jadi batu ini biasanya bisa berbicara,” pikir buaya. “Aku harus pura-pura menjawabnya agar monyet tidak curiga,” pikirnya lagi.

Buaya pun menjawab, “Ya. Ada apa gerangan? Ini aku batu.”

Monyet tertawa geli melihat kebodohan buaya. “Jadi, benar ada kamu di situ, Buaya?”

Buaya kesal penyamarannya diketahui. “Ya. Aku akan memakanmu,” kata buaya, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (10/08/2020).

“Baiklah, kau berhasil menjebakku kali ini,” kata monyet sambil mempersiapkan siasat selanjutnya.

“Bukalah mulutmu lebar-lebar agar aku dapat melompat masuk ke dalamnya.” Monyet tahu bahwa jika buaya membuka mulutnya lebar-lebar, maka matanya akan tertutup.

Saat buaya membuka mulutnya, monyet pun melompat. Tentu saja bukan masuk ke mulut buaya. Tapi, monyet mendarat di atas kepala buaya. Lalu, secepat kilat ia melompat lagi ke pinggir sungai dan bergegas memanjat ke atas pohon.

Lagi-lagi, selamatlah nyawa monyet berkat kecerdikannya. Buaya pun menyerah dan berjanji tidak akan mengincar monyet lagi.

Pesan Moral dari Contoh Cerita Dongeng Rakyat dari India adalah Jadilah anak yang cerdik dan banyak akal agar tidak dibodohi orang Iain. Menjadi anak yang cerdik dan banyak akal itu menyenangkan. Kamu bisa mengetahui berbagai hal yang misterius. Nah, agar menjadi anak yang cerdik, belajarlah yang rajin. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: