Cerita Pendek Anak Berjudul Permohonan Tulus Untuk Pangeran

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Sabtu, 15 Februari 2020

Indolinear.com, Jakarta – Akhir-akhir ini, raja terlihat murung. Meskipun ia memiliki banyak istri, tapi tak ada satu pun istrinya yang mampu memberikan keturunan. Hal ini juga membuat para istri sedih. Mereka tak kunjung diberi keturunan, walaupun mereka tak pernah berhenti memohon kepada dewa.

 

Suatu hari, kucing peliharaan salah satu permaisuri melahirkan anak yang sangat banyak. Para permaisuri pun mempunyai ide. Mereka memberi tahu raja, bahwa salah satu permaisuri telah melahirkan bayi perempuan.

“Suamiku, dewa telah mengabulkan doa kami. Salah satu permaisuri melahirkan anak perempuan. Tapi, dewa mempunyai syarat, yaitu engkau jangan melihat anak itu sebelum ia menikah,” ucap salah satu permaisuri, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (14/02/2020).

Mendengar hal itu, raja sangat bahagia. Ia bersedia menunggu sampai anaknya menikah.

Tujuh belas tahun berlalu. Karena sudah tidak sabar ingin melihat anak perempuannya, raja mencari pangeran tampan untuk menikahi putrinya. Sementara itu, para permaisuri bingung. Tidak mungkin mereka mengatakan bahwa putri raja adalah seekor kucing.

Pangeran pun datang ke istana. Tanpa sepengetahuan raja, para permaisuri mengatakan yang sejujurnya kepada pangeran. Untunglah, pangeran itu sangat baik hati. Ia bersedia menikah dengan kucing itu.

Pangeran sangat menyayangi kucing itu, layaknya istrinya sendiri. Ia merawatnya setiap hari. Agar raja tak curiga, kucing itu tetap berada di dalam kamar.

Tapi, meskipun pangeran menyayangi kucing itu, tetap saja ia bersedih karena istrinya bukan putri sesungguhnya. Melihat kesedihan pangeran, kucing itu memohon kepada dewa sambil menangis.

“Dewa, tolong, jangan buat pangeran bersedih. Ia sangat pantas mendapatkan kebahagiaan,” doa kucing itu.

Ternyata para permaisuri melihat ketulusan kucing. Mereka pun ikut memohon. Akhirnya, dewa mengabulkan permohonan kucing dan para permaisuri.

“Gunakan air ini untuk mandi kucing itu. Ia akan berubah menjadi putri yang sangat cantik dan baik hati,” ucap dewa sambil memberikan air dalam tempayan.

Para permaisuri pun bergegas memandikan kucing itu. Tiba-tiba…

Clung!!

Olala, kucing itu berubah menjadi putri yang sangat cantik. Alangkah terkejutnya pangeran saat ia masuk ke kamarnya. Bagaimana tidak? Bukannya menemukan kucing, ia malah melihat seorang putri yang sangat cantik di kamarnya.

Putri itu lalu menjelaskan semuanya kepada pangeran. Sang pangeran merasa sangat senang. Raja juga senang karena bisa bertemu dengan putrinya. Mereka semua pun hidup bahagia.

Pesan moral dari Contoh Cerita Anak Pendek : Permohonan Yang Tulus adalah keinginan yang baik dan tulus pasti akan dikabulkan oleh Tuhan. (Uli)

INDOLINEAR.TV