Cerita Pedek Rakyat Singkat Berjudul Nelayan Ingkar Janji

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Minggu, 26 Januari 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Udara pagi ini sangat segar. Terlihat seorang nelayan hendak mencari ikan di laut. Ia membawa kapalnya ke tengah laut. Saat sudah menemukan tempat yang tepat, ia membentangkan jaringnya.

Hap!

Nelayan melemparkan jaringnya ke laut. Setelah beberapa lama menunggu, nelayan menarik jaringnya. Olala, ada seekor ikan aneh yang dapat berbicara di jaringnya.

“Nelayan, tolong, lepaskan aku. Jika kau melepaskan aku, aku berjanji akan membuatmu kaya. Hidupmu akan makmur,” pinta ikan aneh itu, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (25/01/2020).

Mendengar tawaran yang dikatakan oleh ikan aneh, nelayan pun melepaskan ikan itu ke laut Namun, sebelum ikan itu pergi, ia meminta nelayan berjanji.

“Berjanjilah padaku, nelayan. Kau tak akan membocorkan semua ini. Jika kau sampai membocorkannya, semua kekayaanmu akan lenyap,” pesan ikan aneh itu.

“Baiklah, ikan.Aku berjanji,” balas nelayan.

Hari beranjak siang, nelayan pun pulang ke rumah. Namun, betapa terkejutnya nelayan saat tiba di rumah. Rumahnya yang kecil sudah berubah menjadi sangat besar. Istri dan anaknya pun menggunakan baju yang sangat indah.

“Apa yang terjadi, suamiku? Kau pasti telah melakukan sesuatu, sehingga rumah kita berubah menjadi sangat indah,” tanya istri nelayan, ingin tahu.

“Kau harus berjanji, tidak akan menceritakan semua ini kepada siapa pun,” pinta nelayan.

Nelayan pun menceritakan semuanya. Istri nelayan mengangguk mengerti. Ia berjanji tidak akan menceritakan kisah itu kepada siapa pun.

Seiring berjalannya waktu, para tetangga menaruh curiga. Mereka penasaran, apa yang menyebabkan nelayan tiba-tiba menjadi sangat kaya. Ternyata, istri nelayan sangat suka memamerkan hartanya.

Saat memamerkan harta bendanya, ia tak sengaja menceritakan semuanya. Alhasil, semua tetangga mengetahui rahasia kekayaan nelayan.

Keajaiban kembali terjadi. Semua kekayaan nelayan sirna seketika. Kini, ia kembali menjadi nelayan yang sangat miskin. Istri nelayan hanya bisa menyesal. Tapi, penyesalan tidak ada gunanya.

Ah, seharusnya nelayan menjaga janjinya, agar kekayaannya tetap terjaga. Sekarang, karena mengingkari janji, ia pun kehilangan semuanya.

Pesan moral dari Cerpen Rakyat Singkat : Nelayan dan Ikan Ajaib adalah jangan suka mengingkari janji. Jika kau suka mengingkari janji, tak akan ada lagi yang mau percaya kepadamu. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: