Cerita Fabel Dari India Berjudul Buaya Dan Monyet

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Rabu, 29 April 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sudah beberapa hari ini induk buaya sakit. Ia hanya berdiam diri di rumahnya. Anaknyalah yang diminta untuk mencari makan. Suatu hari, induk buaya sangat ingin menyantap hati monyet.

“Ibu ingin sekali makan hati monyet. Anakku, tangkaplah monyet yang hidup di pohon dekat sungai ini,” pinta Induk Buaya.

“Akan kutangkap monyet itu. Ibu istirahatlah dahulu,” jawab Anak Buaya.

Anak buaya lalu menemui monyet. Monyet sedang bermain-main di pohon dekat sungai. Selama ini antara buaya dan monyet tak pernah saling menyapa, meskipun mereka hidup berdekatan.

“Hai monyet, sedang apa kau di sana,” tanya buaya, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (28/04/2020).

“Aku sedang bermain. Tak seperti biasanya kau menyapaku. Ada apa?” tanya monyet, penasaran.

“Aku ingin mengajakmu pergi ke seberang sungai ini. Di sana terdapat banyak sekali buah yang enak,” ujar anak buaya, membohongi monyet.

“Wah, benarkah itu? Tapi untuk sampai ke sana, aku harus menyeberangi sungai ini. Kau tahu sendiri, aku tak bisa berenang,” ungkap Monyet.

“Tentu kau tak usah berenang. Kau hanya perlu, naik ke atas punggungku,” ujar Buaya.

Monyet setuju. Dengan cepat, ia langsung melompat ke tubuh Anak Buaya. Anak Buaya lantas membawanya ke tengah sungai. Tiba-tiba, Anak Buaya menyelam ke dalam sungai. Monyet pun jadi tak bisa bernapas.

Beberapa saat kemudian, Anak Buaya kembali muncul ke permukaan sungai. Monyet masih berpegangan ke tubuh Anak Buaya. Ia masih hidup dengan napas yang tersengal-sengal.

“Kenapa kau menenggelamkanku? Bukankah kita mau mencari buah-buahan?” tanya Monyet, gelisah.

“Aku berbohong kepadamu. Sebenarnya aku ingin mengambil hatimu. Ibuku ingin menyantap hati monyet,” terang Anak Buaya.

Monyet berpikir keras. Ia tak mau mati dimakan buaya. Akhirnya ia pun mendapat ide.

“Kenapa kau tak bilang dari tadi bahwa ibumu ingin makan hati monyet? Jadi tadi aku bisa membawanya untukmu,” ujar monyet.

“Lho, hatimu kau tinggal di rumah?”tanya Anak Buaya, bingung.

“Iya… jadi sekarang Iebih baik kita kembali ke rumahku. Aku akan ambilkan hatiku untuk ibumu,” ujar Monyet.

Anak buaya langsung membawa monyet kembali ke rumahnya. Sesampainya di tepi sungai, monyet langsung melompat ke pohon. Ia pun tertawa terbahak-bahak, menertawakan kebodohan Anak Buaya. Betapa menyesalnya Anak Buaya. Akibat kebodohannya, ia pun gagal menangkap monyet.

Pesan moral dari Contoh Cerita Fabel Dari India : Buaya Dan Monyet adalah kebodohan hanya membuat diri kita rugi dan mudah kehilangan kesempatan. Karena itu, belajarlah yang rajin supaya pintar. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: