loading...

Cerita Fabel Bergambar Dari Yunani Penggembala Dan Anjingnya

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Senin, 20 Juli 2020

Indolinear.com, Jakarta – Seorang penggembala memiliki seekor anjing yang kuat. Anjing itu ia beri nama Hero. Hero selalu menjaga ternak milik penggembala. Semenjak ia memiliki Hero, tak ada satu pun serigala yang berani mendatangi domba miliknya.

“Hero pernah mengalahkan lima ekor serigala sekaligus sehingga sudah tak ada lagi serigala yang berani datang ke sini,” ujar Penggembala, bangga.

“Hero memang hebat. Tetapi, dia makan terlalu banyak. Kau sama saja memberi makan untuk sepuluh anjing,” ujar tetangganya.

“Tapi aku sangat menyayanginya,” sahut Penggembala, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (19/07/2020).

Para tetangga tahu tentang kehebatan Hero. Tetapi, mereka sering kali menyuruh Penggembala untuk menjual Hero. Hingga ada seorang bangsawan yang tahu kehebatan Hero. Ia ingin membeli Hero dengan harga yang sangat mahal.

“Aku akan membelinya dengan beberapa keping emas. Kau bisa mendapatkan ratusan anjing dengan emas itu,” ujar si Bangsawan.

“Tetapi, aku tak mau menjual Hero,” jawab si Penggembala.

“Kau bodoh jika tak mau menjual Hero. Kau akan mendapatkan pengganti Hero yang jauh lebih banyak. Kau juga akan mendapatkan banyak uang,” ujar salah satu tetangganya.

“Benar juga yang kau katakan,” ujar si Penggembala, mulai terpengaruh. Pada akhirnya ia pun mantap menjual Hero kepada bangsawan itu dengan seratus keping emas. Kemudian penggembala itu membeli tiga ekor anjing untuk menggantikan Hero.

Para serigala mengetahui hal itu. Mereka lalu pergi ke kandang ternak milik Penggembala. Tiga anjing yang dibeli penggembala justru lari ketakutan saat melihat banyak serigala yang mendekatinya. Alhasil, semua domba milik penggembala habis dimakan oleh serigala.

“Akhirnya kita bisa makan domba-domba ini,” seru pemimpin serigala.

“Dasar penggembala bodoh. Harusnya ia tak menjual Hero,” sahut serigala lainnya.

Serigala-serigala itu memakan domba-domba penggembala dengan bebas. Tak ada yang mengganggu mereka. Alangkah kagetnya si Penggembala setibanya di rumah. Ia melihat domba-dombanya telah tiada. Penggembala sangat menyesal karena telah menjual Hero. Seharusnya ia tak terpengaruh oleh ucapan tetangganya. Kini ia hanya bisa tertunduk sedih, menyesali kesalahan yang telah dilakukannya.

Pesan moral dari cerita fabel panjang Penggembala Dan Anjingnya (Yunani) adalah jangan mudah terpengaruh oleh ucapan teman yang tak baik. Pikirkan baik-baik apa yang akan kamu lakukan agar tak menyesal setelahnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: