Cerita Fabel Anak Dari India Kebaikan Hati Tukang Kayu

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Kamis, 9 September 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Hari ini beberapa tukang kayu bekerja seperti biasanya. Mereka pergi ke hutan dan menebang kayu. Saat kayu sudah ditebang, para tukang kayu menggotong kayu-kayu itu untuk ditenggelarnkan ke sungai. Dengan cara itulah mereka mengangkut kayu ke rumah masing-masing.

Saat sedang menebang sebuah pohon, tiba-tiba terdengar erangan seekor gajah. Semua tukang kayu mendatangi gajah itu.

“Lihatlah, ada seekor gajah yang sedang kesakitan di sini,” ucap salah satu penebang kayu.

Rupanya kaki gajah itu tertancap kayu yang runcing. Akibatnya, kaki gajah itu terluka.

“Ayo kita tolong gajah ini. Kasihan sekali dia,” ujar tukang kayu lainnya, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (08/09/2021).

Tukang kayu pun segera menolong gajah itu. Mereka mengambil kayu yang menancap di kaki gajah. Kemudian salah seorang tukang kayu berlari ke gubug tempat istirahat dan mengambil sebotol obat untuk mengobati luka gajah. Gajah merasa sangat beruntung bertemu dengan para tukang kayu yang baik hati itu.

Gajah dirawat dengan baik oleh para tukang kayu. Setelah beberapa hari, gajah itu pun sembuh. Tukang kayu dan gajah sangat senang. Akhirnya mereka menjadi sahabat dekat.

Hari demi hari, gajah selalu melihat pekerjaan tukang kayu yang berat. Gajah merasa kasihan. Tukang kayu itu harus menggotong kayu-kayu besar ke sungai. Pastilah mereka sangat lelah.

“Kemarin aku sudah ditolong oleh tukang kayu. Sekarang giliranku menolong mereka,” gumam Gajah. Rupanya ia adalah hewan yang tahu balas budi.

Gajah mendatangi para tukang kayu dan menawarkan bantuan. Dengan senang hati, tukang kayu menerimanya. Gajah lalu bekerja menggelindingkan kayu-kayu itu ke arah sungai. Melihat hal itu, semua tukang kayu tertawa. Rupanya gajah itu sangat lucu ketika membantu para tukang kayu.

Begitulah setiap harinya. Gajah membantu tukang kayu, dan tukang kayu pun mengasihi Gajah. Akhirnya persahabatan mereka semakin erat. Hingga gajah beranak-pinak, mereka masih bersahabat dekat.

Pesan moral dari artikel cerita fabel panjang dari India adalah jika kau selalu berbuat kebaikan, maka orang lain pun akan berbuat baik kepadamu. (Uli)