Cerita Dongeng Yang Singkat Dari Yunani Tipuan Keledai

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Kamis, 14 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Hari ini Keledai pergi mencari udara segar. Ia akan pergi ke sungai di dekat bukit. Kebetulan, pemandangannya di sana sangat indah.

Saat tengah asyik berjalan, Keledai menemukan kulit singa. Sepertinya kulit itu ditinggal oleh pemburu. Atau barangkali pemburu terlalu terburu-buru hingga kulit singa itu terjatuh.

Keledai memakai kulit itu. Kini ia pun jadi terlihat seperti singa.

“Wah, aku sudah seperti singa. Penghuni hutan pasti akan ketakutan saat melihatku,” gumam Keledai.

Keledai bersembunyi di semak-semak. Ia menanti binatang yang tengah lewat. Olala… ada seekor kelinci yang lewat. Keledai langsung menunjukkan dirinya. Kelinci itu ketakutan. Ia mengira ada singa di sana. Ia pun langsung lari terbirit-birit.

Melihat hal itu, Keledai tertawa senang. Rupanya ia benar-benar tampak seperti singa. “Aku akan menggunakan ini untuk menakut-nakuti binatang lain. Bahkan dengan kulit ini, aku bisa menjadi raja hutan.” ucap Keledai.

Beberapa saat kemudian, datanglah sekelompok rubah. Keledai kembali bersembunyi di semak-semak. Saat rubah mendekat… hap! Keledai muncul dengan kulit singanya. Seluruh rubah ketakutan. Mereka langsung lari kocar kacir.

“Lariiii! Jangan sampai singa itu menangkap kita.” teriak salah satu rubah sambil berlari kencang.

Keledai sangat bangga pada dirinya sendiri. Ia benar-benar merasa sudah menjadi seekor singa, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (13/01/2021).

“Semua binatang akan takut melihatku,” seru Keledai. Ia mencoba mengaum. Namun, apa yang terjadi. Bukan auman buas singa yang keluar dari mulutnya, melainkan ringkikan keledai yang terdengar parau. Rubah yang sedang lari tunggang Ianggang mendengar hal itu.

“Aneh sekali singa itu. Ia meringkik seperti seekor keledai,” ucap salah satu rubah.

Rubah itu berhenti berlari, lalu pergi ke tempat keledai. Olala… benar saja, bukan singa yang ia lihat di sana, melainkan seekor keledai yang memakai kulit singa.

“Kalau kau tak mengeluarkan suaramu, mungkin aku masih percaya kau seekor singa. Melihatmu meringkik seperti keledai, aku jadi kasihan denganmu,” ucap Rubah.

Keledai jadi sangat malu. Rupanya ia tak mungkin bisa menjadi seperti singa. Dirinya hanya seekor keledai yang tak bisa mengaum, dan hanya bisa meringkik parau.

Pesan moral Cerita Dongeng Yang Singkat : Tipuan Keledai (Yunani) dari adalah jangan suka menjahili Leman. Berbuat baiklah kepada temanmu. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: