Cerita Dongeng Rakyat India Gajah Putih Milik Raja

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Jumat, 14 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pada suatu masa, ada sekelompok tukang kayu yang tinggal di pinggir sungai. Setiap hari, mereka menyeberangi sungai menuju hutan untuk menebang pohon.

Suatu hari, muncul seekor gajah betina yang berjalan terpincang-pincang. Tukang kayu melihat serpihan kayu menancap di kaki gajah. Mereka mencabut serpihan kayu itu dan mencuci Iukanya.

Gajah berpikir, “Tukang kayu telah menolongku, aku juga harus menolong mereka.”

Sejak saat itu, gajah membantu tukang kayu bekerja. la menggelindingkan batang pohon yang besar ke sungai. Sebaliknya, tukang kayu memberi makan gajah setiap hari.

Suatu hari, gajah melahirkan anak yang tubuhnya berwarna putih. Anak gajah itu tumbuh menjadi kuat dan cantik.

Gajah berpikir, “Aku akan bawa anakku untuk membantu tukang kayu.” Gajah putih pun melakukan apa yang diperintahkan ibunya untuk membantu para tukang kayu, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (13/08/2020).

Pada sore hari, gajah putih bermain di sungai bersama anak-anak tukang kayu. Mereka saling berkejaran dan memercikkan air.

Saat itu, raja sedang berjalan-jalan di sungai dan melihat gajah putih. Raja jatuh cinta pada gajah putih itu dan ingin membelinya. la pun membayar tukang kayu dengan harga yang mahal dan membawa gajah putih ke istana. Sejak saat itu, tukang kayu tidak pernah hidup kekurangan lagi. Hingga kini, para tukang kayu di India tetap dibantu gajah saat bekerja.

Pesan Moral dari Contoh Cerita Dongeng Rakyat dari India adalah Saling tolong-menolonglah terhadap sesama makhluk Tuhan. Siapa yang suka menolong, pasti akan ditolong saat ia mengalami musibah atau berada dalam kesulitan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: