Cerita Dongeng Rakyat Dari Rusia Pangeran Ivan Dan Merak Api

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Kamis, 3 Desember 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Raja memerintahkan tiga putranya untuk menangkap burung merak api. Ketiga putra raja itu pun pergi ke arah yang berbeda. Mereka menunggang kuda dan membawa bekal untuk perjalanan panjang.

Pangeran Ivan pergi ke arah berat. Dia memacu kudanya dengan sangat cepat. Pada siang hari, matahari teramat terik. Pangeran Ivan merasa Ielah. Ia pun turun dari kudanya dan beristirahat sejenak. Namun, karena terlalu Ielah, Pangeran Ivan tertidur di bawah pohon rindang.

Seat terbangun, alangkah kagetnya Pangeran Ivan. Ia tak menemukan kudanya. Kudanya menghilang bersama bekal perjalanannya.

“Jika seperti ini, bagaimana aku akan sampai ke tempat burung merak itu?” gumam Pangeran Ivan. Pangeran Ivan lantas memutuskan untuk berjalan kaki.

Lama berjalan, Pangeran Ivan semakin Ielah. Ia pun kembali duduk untuk beristirahat sejenak. Olala… tiba-tiba ada seekor serigala abu-abu yang menghampirinya.

“Ikutlah denganku, aku akan mengantarkanmu kepada merak api,” ucap Serigala Abu-abu.

“Siapa kau?” tanya Pangeran Ivan, penasaran, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (02/12/2020).

“Aku adalah serigala utusan dewa. Akulah yang memakan kudamu. Aku akan menjadi pengganti kudamu. Sekarang naiklah di punggungku,” balas serigala itu.

Pangeran Ivan lalu naik ke punggung serigala. Serigala berlari dan terus berlari hingga sampailah mereka di sebuah kastil. Kastil itu dipenuhi oleh penjaga.

“Penjaga-penjaga itu telah tertidur. Kau masuklah diam-diarm Merak emas itu ada di sangkarnya. Dekaplah merak emas itu agar dia tak bersuara” ujar Serigala.

Pangeran Ivan mengerti. Ia pun berhati-hati masuk ke dalam kastil. Setelah berusaha keras, Pangeran Ivan berhasil mendapatkan burung merak api itu. Ia pun Iangsung membawanya ke istana.

Serigala mengantar Pangeran Ivan sampai ke istana. Alangkah senangnya hati Raja. Rupanya, Pangeran Ivan yang berhasil menangkap burung merak api itu. Meskipun Pangeran Ivan Iebih muda, tapi kemampuan yang ia miliki melebihi kakak-kakaknya.

Pesan moral dari koleksi cerita rakyat : Pangeran Ivan Dan Merak Api (Rusia) adalah tidak hanya berdoa, kita juga harus berusaha untuk mendapatkan sesuatu. Tuhan akan mengabulkan dan orang-orang yang suka bekerja keras dan bersungguh-sungguh. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: