Cerita Dongeng Rakyat Dari India Peri Air Yang Jahat

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear,com
Rabu, 4 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Di sebuah kerajaan, ada dua pangeran kakak beradik. Kakaknya bernama Pangeran Matahari, adiknya bernama Pangeran Bulan. Keduanya sangat baik dan akrab. Suatu hari, Raja memanggil kedua pangeran itu. Raja berpesan agar kedua pangeran pergi ke hutan dan bertapa, “Kelak kalian akan menjadi pemimpin kerajaan ini. Jika sudah waktunya, pimpinlah kerajaan ini dengan baik,” ucap Raja.

Kedua pangeran itu pun pergi ke hutan. Setelah beberapa lama berjalan, kedua pangeran itu kelelahan. Mereka pun beristirahat tak jauh dari sungai.

“Pangeran Bulan, kau pergilah mandi dulu. Bawakan air untukku setelah itu,” ucap Pangeran Matahari.

“Baiklah Kak,” jawab Pangeran Bulan.

Pangeran Bulan segera pergi menuju sungai. Saat hendak mengambil air, tiba-tiba muncul peri dari dalam air. Olala… rupanya itu adalah Peri Air.

“Hei, sebelum kau minum air di sini, kau harus menjawab pertanyaanku terlebih dahulu. Jika kau tak bisa menjawab, maka kau akan aku jadikan sandera.” ucap Peri Air.

“Apa pertanyaanmu?” tanya Pangeran Bulan. Dilansir dari Dongengceritarakyat.com (03/11/2020).

“Menurutmu, seperti apakah peri yang baik itu?” tanya Peri Air.

“Peri yang baik adalah peri yang seperti bulan dan bintang,” jawab Pangeran Bulan.

“Salahl  Maka kau jadi tawananku,” ucap Peri Air. Peri Air lalu menculik Pangeran Bulan. Sementara itu, Pangeran Matahari mulai khawatir. Adiknya pergi terlalu lama.

“Pasti telah terjadi sesuatu dengan adikku. Aku harus segera menyusulnya,” gumam Pangeran Matahari.

Saat hendak menyusul ke sungai, Pangeran Matahari melihat seorang kakek. Pangeran Matahari tahu bahwa kakek itu sebenarnya adalah Peri Air yang sedang menyamar.

“Mau ke mana kau?” tanya si Kakek.

“Aku mau ke sungai dan mencari adikku Pangeran Bulan. Aku tahu, kaulah yang telah menculik Pangeran Bulan,” ujar Pangeran Matahari. Seketika kakek itu berubah wujud menjadi Peri Air,

“Jika kau ingin adikmu selamat, maka jawablah pertanyaanku ini. Jika kau salah menjawab, maka kau juga akan menjadi tawananku, hahaha…,” ancam Peri Air.

“Apa pertanyaan yang ingin kau ajukan?”

“Seperti apa pen yang baik menurutmu?”

“Peri yang baik adalah pen yang takut dosa, dan memiliki hati yang lembut,” jawab Pangeran Matahari.

“Kau memang benar-benar pangeran yang bijaksana. Jawabanmu benar. Aku akan melepaskan adikmu,” ujar Peri Air.

Akhirnya Peri Air pun melepaskan Pangeran Bulan berkat jawaban dari Pangeran Matahari yang bijaksana.

Pesan moral dari Cerita Dongeng Rakyat : Peri Air Yang Jahat (India) adalah sayangilah orang-orang terdekatmu, jagalah mereka agar hidupmu penuh dengan kebahagiaan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: