Cerita Dongeng Rakyat Dari Argentina Gadis Dan Induk Puma

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Sabtu, 18 Juli 2020

Indolinear.com, Jakarta  – Di salah satu desa ada seorang gadis yang hidup sendiri. Ia tak memiliki keluarga. Saat itu, desanya dikepung oleh suku Indian sehingga penduduk desa tak berani keluar dari desa itu. Banyak penduduk yang kelaparan, salah satunya gadis tersebut.

“Aku harus pergi dari desa ini. Kalau tidak, aku bisa mati kelaparan,” ujar gadis itu. Ia lalu diam-diam pergi keluar dari desanya. Ia masuk ke dalam hutan. Saat di dalam hutan, ia mendengar suara harimau yang sepertinya sedang kesakitan. Suara itu berasal dari dalam gua. Rupanya, ada seekor induk puma yang baru melahirkan.

Gadis itu lalu menolong induk puma yang kesakitan. Setelah itu, ia membersihkan anak puma yang masih kotor. Akhirnya gadis itu hidup di dalam gua, bersama induk puma dan anaknya.

Setiap hari, induk puma berburu, sedangkan gadis itu menjaga anak-anak puma. Ia merawat anak-anak puma itu dengan penuh kasih sayang.

Hingga berbulan-bulan, dan anak-anak puma itu tumbuh menjadi puma dewasa.

Suatu hari, gadis itu pergi mencari kayu bakar. Olala… ia bertemu dengan salah satu penduduk di desanya. Penduduk desa itu membawa gadis itu kembali ke desanya. Ia dilaporkan kepada kepala suku. Kepala suku sangat marah. Gadis itu pergi tanpa sepengetahuannya.

“Aku akan menghukum gadis ini agar tak ada yang meniru kesalahannya,” seru Kepala Suku.

“Apa yang akan kau lakukan kepada gadis itu, Tuanku,” tanya salah satu penduduk, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (17/07/2020).

“Akan aku ikat gadis ini di hutan agar ia dimakan oleh binatang buas,” jawab Kepala Suku.

Gadis itu lalu dibawa ke hutan. Ia diikat di salah satu pohon besar. Gadis itu tak diberi makan dan minum. Kepala Suku dan penduduk meninggalkan gadis itu di hutan.

Keesokan harinya, Kepala Suku dan penduduk kembali ke hutan. Mereka ingin tahu keadaan gadis itu. Olala… bukannya lemas, gadis itu marah terlihat sehat dan bugar. Bahkan, di samping gadis itu duduk seekor induk puma.

Induk puma itu yang membawakan makanan untuknya. Kepala suku dan penduduk merasa heran, kenapa puma itu bisa jinak dengan gadis tersebut.

Akhirnya gadis itu menceritakan pengalamannya. Selama ini, is hidup dengan puma itu. Mereka hidup saling menyayangi dan mengasihi. Mendengar hal itu, kepala suku jadi merasa bersalah. la pun melepaskan gadis itu.

“Maafkan aku yang telah menghukummu,” ucap Kepala Suku.

“Tidak apa-apa, aku memang telah melanggar peraturan adat,”jawab sang Gadis.

Gadis itu lalu dilepaskan. Ia kembali hidup dengan puma dan tiga anak puma. Kini, tak ada yang berani mengganggu gadis tersebut. Itu karena kasih sayangnya kepada binatang sehingga binatang buas pun menyayanginya.

Pesan moral dari Cerita Dongeng Rakyat : Gadis Dan Induk Puma (Argentina) adalah sayangilah binatang, karena binatang juga makhluk ciptaan Tuhan. (Uli)

loading...