Cerita Dongeng Rakyat Burung Hantu Gagal Menjadi Raja Burung

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Kamis, 13 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Kalian tahu mengapa burung gagak sering mengganggu burung hantu saat mereka tidur pada siang hari? Mengapa pula burung hantu selalu ingin membunuh burung gagak saat mereka tidur pada malam hari? Begini ceritanya.

Dahulu kala, manusia punya raja. Singa juga punya raja. Ikan-ikan di lautan luas pun punya raja. Hanya, burung-burung yang belum mempunyai raja.

Suatu hari, berkumpullah wakil bangsa burung untuk memilih raja. “Semua manusia dan binatang lain mempunyai raja. Tapi, kita tidak mempunyai raja. Mari kita pilih seekor burung sebagai raja,” seru salah satu wakil dari bangsa burung.

Para burung berdiskusi panjang lebar. “Mari kita jadikan burung hantu sebagai raja kita,” seru beberapa burung, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (12/08/2020).

Hampir semua burung setuju. Tapi, burung gagak berdiri dan berkata, “Aku tidak setuju burung hantu menjadi raja kita. Lihatlah! la hendak dipilih jadi raja, tapi bukannya senang, justru raut wajahnya masam begitu. Aku tidak mau raja yang berwajah masam,” kata gagak ketus.

Burung gagak Ialu terbang dan berteriak, “Pokoknya aku tidak suka burung hantu. Aku tidak suka.”

Burung hantu marah dan mengejar burung gagak. Sejak saat itu, burung gagak dan burung hantu selalu bermusuhan.

Bangsa burung akhirnya memilih burung merpati menjadi raja mereka. Mereka meninggalkan burung hantu dan burung gagak yang saling mengganggu hingga kini.

Pesan Moral dari Contoh Cerita Dongeng Rakyat India adalah perilaku gagak yang suka memaksakan pendapat bukan lah yang baik. Berikan pendapatmu dengan baik. Kamu harus hargai keputusan musyawarah walaupun tidak setuju. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: