Cerita Dongeng Pendek Dari Yunani Lebah Pemalas Dan Lebah Pekerja

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Jumat, 23 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta –  Hari ini Iebah pekerja ingin membuat sarang baru. Sarang yang lama dirasa sudah tak layak huni. Lebah pekerja memilih membuat sebuah sarang di salah satu pohon. Ia pun mulai membuat sarang yang indah. Sarang itu baru selesai ia buat pada sore hari.

“Hufh… syukurlah, akhirnya sarang yang kubuat selesai juga. Malam ini aku bisa tidur nyenyak di sarang baruku,” ucap Iebah pekerja, senang.

Si Iebah pekerja lantas pergi ke sarang lamanya untuk mengambil makanan. Beberapa saat kemudian, ia kembali lagi ke sarang barunya. Alangkah kagetnya lebah pekerja, sebab rupanya sarang barunya itu telah ditempati oleh Iebah jantan.

“Hei, kenapa kau ada di sarang baruku?” seru Lebah Pekerja, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (22/10/2020).

“Ini adalah sarangku. Enak saja kau mengaku-aku!” bantah Lebah Jantan.

“Lho, seharian aku bekerja keras untuk membuat sarang ini!  Jadi jelas-jelas sarang ini adalah milikku!” seru Lebah Pekerja.

“Ayo kita selesaikan saja masalah ini dengan hakim lebah,”ujar Lebah Jantan. Lebah Pekerja setuju. Keduanya lantas pergi ke rumah Hakim Lebah.

Kedua lebah akhirnya melapor kepada hakim lebah. Mereka berdua sama-sama mengadu bahwa mereka lah yan telah membuat sarang baru yang nyaman.

“Diamlah kalian sebentar. Aku akan mencari cara untuk menyelesaikan masalah ini,” ucap Hakim Lebah.

Setelah berpikir beberapa saat, Hakim Lebah pun meminta untuk diantar ke sarang yang mereka perebutkan.

“Ini sarang yang kalian rebutkan?” tanya Hakim Lebah sesampainya di sana. Kedua lebah itu mengangguk-angguk.

“Baiklah, aku tahu penyelesaiannya,” ujar Hakim Lebah.”Sekarang aku minta kalian membuat sarang yang sama persis seperti sarang ini. Siapa yang bisa membuat sarang yang sama, berarti dialah yang telah membuat sarang ini, sekaligus pemilik sarang ini,” terang Hakim Lebah.

Lebah pekerja langsung setuju dengan usul  Hakim Lebah. Sementara Lebah Jantan menolak untuk membuat sarang. Maka kini terjawablah sudah bahwa sarang itu sebenarnya adalah milik Lebah Pekerja.

“Lebah Pekerja, ini adalah sarangmu. Kau boleh tinggal di sana. Kau Lebah Jantan, jangan pernah lagi mengaku-aku sarang lebah lain. Buatlah sarang sendiri, dan jangan malas,” seru Hakim Lebah.

Lebah jantan merasa malu. Ia mengakui kesalahannya. Akhirnya ia pun meminta maaf kepada lebah pekerja. Kemudian ia pergi meninggalkan sarang tersebut.

Pesan moral dari Cerita Dongeng Pendek : Lebah Pemalas Dan Lebah Pekerja (Yunani) adalah malas hanya akan membuat hidup kita susah. Selain itu, sifat malas juga merugikan diri sendiri. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: