Cerita Dongeng Pendek Dari Prancis Pelajaran Dari Semut

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Kamis, 22 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Setiap hari semut-semut bekerja dengan giat. Mereka mengangkut makanan bersama-sama.  Membuat sarang juga bergotong royong. Semut-semut itu memiliki seorang kolonia, yaitu ratu semut.

Para semut itu sama sekali tak pernah bertengkar. Setiap bertemu dan berpapasan, mereka selalu bersalaman. Mereka memang saling menyayangi.

Saat musim hujan tiba, sering kali sarang semut rusak. Tetapi, semut-semut itu tidak mengeluh. Mereka lebih memilih untuk memperbaiki sarangnya ketimbang mengeluh dan berdebat. Bahkan, saat sarang mereka rusak oleh binatang lain, mereka tidak marah dan memaki-maki. Mereka membangun kembali sarang yang sudah rusak itu. Memang mereka memiliki keahlian membuat sarang layaknya seorang arsitek.

“Ayo kita bekerja lagi agar saat hujan nanti kita sudah memiliki sarang yang nyaman,” seru salah satu semut, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (21/10/2020).

Semut-semut bekerja dengan semangat. Mereka bahu-membahu membuat sarang. Mereka berdiri berjejeran. Semut memang suka bekerja bergotong-royong. Hingga akhirnya jadilah sebuah sarang yang indah dan nyaman.

Dalam mencari makan, semut juga bergotong royong. Mereka bersusah-payah lebih dulu dalam mencari makan. Dalam banyak hal, semut-semut selalu bekerja sama sehingga semua pekerjaan jadi terasa ringan.

Ketika ada semut yang sakit, para semut mengunjungi temannya yang sakit itu dengan membawa berbagai makanan. Ada yang membawa madu, kue, dan banyak makanan lain. Mereka berharap agar saudara sesama semut cepat sembuh.

Itulah semut. Mereka hidup dengan damai. Suka bekerja keras dan tak pernah bertengkar. Tuhan telah menganugerahkan banyak kebaikan kepada semut. Meskipun bertubuh kecil, semut-semut memiliki banyak sifat yang mulia dan patut diteladan.

Pesan moral dari Cerita Dongeng Pendek  Pelajaran Dari Semut (Prancis) adalah tirulah sifat semut yang suka bergotong royong, ramah, dan saling menyayangi. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: