Cerita Dongeng Pada Zaman Dahulu  Bluebird Yang Cantik

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Rabu, 15 Juli 2020

Indolinear.com, Jakarta  – Tahukah kamu bahwa burung biru atau bluebird memiliki bulu yang indah dan suara yang merdu? Padahal, dulu bluebird tak memiliki bulu yang indah. Ia hanya burung biasa yang suka bernyanyi. Tetapi, bluebird suka sekali mandi.

Dahulu kala, Bluebird memiliki bulu yang jelek dan kusam. Tetapi, ia rajin mandi. Ia sering mandi di sebuah sungai berwarna biru. Ya, warna air sungai itu biru. Tak seperti warna air pada umumnya. Bluebird selalu menyanyikan lagu yang indah saat bernyanyi.

“Akulah bluebird, mandi di sungai biru, hingga buluku berwarna biru,” senandung Bluebird.

Binatang-binatang yang mendengar suara Bluebird sangat senang. Suara Bluebird sungga indah. Hingga suara itu mengundang anjing untuk mengintainya.

Pada hari pertama, Anjing melihat Bluebird masih tampak kusam dan jelek. Namun setelah Bluebird mandi, bulu Bluebird jadi berbeda, tidak sekusam sebelumnya.

“Sungguh sungai ajaib. Tetapi aku takut dengan air,” dengus Anjing, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (14/07/2020).

Hari kedua pun demikian. Bluebird kembali mandi di sungai itu sambil bersenandung riang.

“Akulah Bluebird, mandi di sungai biru, hingga buluku berwarna biru,” senandung Bluebird.

Olala… warna bulu Bluebird jadi sangat indah. Biru dan cantik. Kini, bluebird tidak hanya memiliki suara yang merdu. Tetapi ia telah menjelma menjadi burung yang sangat cantik.

Anjing yang semula akan memangsa Bluebird mengurungkan niatnya. Ia menemui Bluebird yang sedang bernyanyi.

“Hei Bluebird, kenapa bulumu menjadi sangat indah seperti itu? Bukankah dulu kau memiliki bulu yang sangat jelek dan kusam?” tanya Anjing, heran.

“Itu karena sungai dengan air yang ajaib itu. Selain itu, aku memiliki senandung yang bisa nembuat buluku jadi lebih indah.” ujar Bluebird.

“Ajari aku senandung itu. Aku juga ingin berbulu indah sepertimu,” pinta Anjing. Bluebird lalu mengajari anjing bernyanyi. Anjing berterima kasih kepada Bluebird.

“Kau baik sekali, Bluebird.” ujar Anjing. Ia lalu pergi ke sungai berair biru dengan penuh semangat. Tetapi belum sampai ke sungai, ia terpeleset, lalu jatuh ke dalam kubangan lumpur. Sejak saat itu, anjing memiliki warna cokelat eperti lumpur.

Pesan moral dari Cerita Dongeng Pada Zaman Dahulu : Bluebird Yang Cantik (Amerika Serikat) adalah jangan suka iri pada kelebihan orang lain. Setiap orang memiliki kelebihan masing-masing. (Uli)