Cerita Dongeng Dunia Dari Laos Persahabatan Fong Dan Suta

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Jumat, 29 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dahulu kala, ada dua sahabat bernama Fong dan Suta. Kedua sahabat itu sama-sama memiliki fisik yang cacat. Fong mengalanni kebutaan, sedangkan Suta tak bisa berjalan.

Fong selalu menggendong Suta ke mana pun mereka pergi. Suta selalu menjadi penunjuk jalan. Suatu hari, mereka pergi ke dalam hutan. Mereka ingin bertualang. Fong dengan setia menggendong Suta.

Hingga di tengah hutan, Suta melihat sebuah lubang di salah satu pohon. Suta mengira itu adalah sarang burung.

“Kau panjatlah pohon ini. Ada lubang di sana. Ambilah burung yang ada di sana agar nanti kita bisa makan dagingnya.” ucap Suta.

Fong langsung naik ke atas pohon. Setibanya di lubang pohon, ia memasukkan tangannya ke

dalam lubang itu. Olala… rupanya yang ia dapatkan adalah seekor ular, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (28/01/2021).

“Temanku Suta, apakah ini yang disebut burung?” tanya Fong sambil memegang seekor ular.

Suta tak menjawab. Ia takut Fong akan terjatuh jika tahu itu adalah ular. Tiba-tiba, ular itu menyemburkan bisanya ke mata Fong. Ajaib, mata Fong bisa melihat kembali. ia melihat ular yang dipegangnya.

“Kau membohongiku, Suta! Rupanya ini adalah sarang ular,” seru Fong. Fong melemparkan ular itu ke bawah, hampir mengenai Suta.

Melihat ular itu di depan matanya, Suta sungguh ketakutan. Ia berdiri dan lari terbirit-birit. Ia tak menyadari bahwa ternyata ular itu telah membuat dirinya berjalan, dan bahkan bisa berlari.

Saat menyadari hal itu, mereka berdua sangat bahagia. Fong tahu, Suta tak mungkin berniat mencelakakannya dengan membiarkannya ke sarang ular.

“Maafkan aku sahabatku. Aku pikir itu sarang burung, tapi rupanya sarang ular,” ujar Suta.

“Ya, aku tahu itu. Aku hanya panik saat aku tahu bahwa yang aku pegang adalah seekor ular,” jawab Fong.

“Semua itu justru menyembuhkan kita. Kau kembali bisa melihat, dan aku sekarang bisa berjalan,” seru Suta.

Mereka berdua tertawa bersama. Sungguh persahabatan yang indah. Mereka pun kembali ke rumah mereka. Tapi, kini Fong tak lagi menggendong Suta. Mereka berjalan beriringan, bersama. Bahkan beberapa kali mereka menari senang di antara pepohonan.

Pesan moral Cerita Dongeng Dunia Persahabatan dari adalah sahabat akan selalu ada saat suka maupun duka. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: