Cerita Dongeng Bergambar Anak Raja Dan Si Pendongeng

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Senin, 12 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Tersebutlah seorang raja yang sangat suka mendengarkan dongeng. Setiap hari ia mendengarkan dongeng, sebab kalau tidak, ia jadi tidak bersemangat. Karena itulah ia mempekerjakan seorang pendongeng istana. Tapi, lama kelamaan pendongeng istana kehabisan bahan mendongeng. Ia tidak punya dongeng lagi yang bisa diceritakan kepada raja. Karena merasa malu, si pendongeng istana pun mengundurkan diri dari pekerjaannya.

Hal ini membuat raja sedih. Ia khawatir tidak bisa mendengarkan dongeng lagi. Kemudian ia menjalani hari-harinya tanpa semangat. Sang ratu prihatin melihat suaminya lesu seperti itu. Lantas ia pun memberikan ide kepada suaminya, “Kenapa kau tidak membuat sayembara mendongeng saja? Barangkali nanti kau bisa mendapatkan pendongeng yang hebat.”

“Wah, itu ide bagus!” seru sang raja, senang bukan kepalang. Segera saja ia memerintahkan beberapa pengawalnya untuk memasang pengumuman tentang sayembara mendongeng itu. Bagi siapa saja yang berhasil memenangkan sayembara, maka raja berjanji untuk menikahkannya dengan putrinya, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (11/07/2021).

Berita tentang sayembara itu segera terdengar hingga seluruh pelosok negeri. Mereka tertarik untuk mengikuti sayembara itu. Lagi pula, siapa yang tidak mau menjadi bagian dari anggota keluarga kerajaan. Maka mereka pun berbondong-bondong untuk mendaftarkan diri pada sayembara tersebut.

Memang ada banyak sekali yang mengikuti sayembara. Namun sayang sekali, tidak ada satu pun yang berhasil memenangkannya. Rupanya tidak mudah menjadi pendongeng yang diharapkan raja. Sang raja sudah mendengarkan banyak dongeng selama beberapa tahun, jadi seleranya sudah tinggi, cukup sulit untuk dipenuhi.

Sementara itu, di salah satu sudut negeri, hiduplah seorang pemuda miskin. Sang tetangga bercerita kepadanya tentang sayembara mendongeng yang diadakan oleh sang raja. “Kau ikut saja! Barangkali kau bisa memenangkannya,” kata tetangga itu.

“Hmmm… ide yang bagus,” gumam si pemuda miskin. “Walaupun mungkin tidak bisa menjadi pemenang, tapi siapa tahu nanti aku bisa mendapatkan makanan.”

Maka berangkatlah pemuda itu menuju istana, lalu menyampaikan maksud kedatangannya kepada raja. Sang raja tertawa geli melihat penampilan si pemuda miskin yang compang-camping dan tampak Iusuh. Ia tidak bisa membayangkan apa jadinya jika pemuda miskin itu memenangkan sayembara dan menikah dengan putri kesayangannya. Tapi, ia ingin memberikan kesempatan kepada pemuda itu untuk mendongeng.

“Sebelumnya, mohon beri hamba makanan. Hamba belum makan dari kemarin,” pinta si pemuda miskin, memelas. Raja mengabulkan permintaannya. Setelah kenyang, ia pun mulai mendongeng di hadapan raja. Ia membuat cerita tentang kehidupan dirinya dan keluarganya yang miskin.

Raja terkesan dengan dongeng yang diceritakan oleh si pemuda miskin. Sebelumnya ia tidak pernah mendengar dongeng semacam itu. Dongeng yang biasa ia dengar adalah tentang kekayaan, kemuliaan, raja-raja, pangeran, atau para putri. Setelah si pemuda selesai menceritakan dongengnya, raja merasa sangat puas. Spontan Ia bertepuk tangan.

Sang raja hendak menobatkan pemuda miskin menjadi pemenang. Namun, ia merasa gundah tatkala membayangkan bahwa putrinya harus menikah dengan pemuda miskin itu. Rasanya ia tidak rela. Rupanya si pemuda miskin bisa membaca gelagat itu. Ia pun berkata kepada sang raja, “Jangan khawatir, Tuan. Sebenarnya aku tidak menginginkan putrimu. Berikan saja aku pekerjaan sehingga aku tidak miskin lagi dan tidak kekurangan makanan.”

Sang raja tersenyum mengetahui kebaikan hati si pemuda miskin. Ia pun memutuskan untuk mengangkatnya sebagai pendongeng istana dengan gaji yang besar serta berbagai fasilitas lain yang melimpah. Raja juga membolehkan sang pemuda untuk memboyong keluarganya ke istana. Sejak saat itu, si pemuda dan keluarganya hidup berkecukupan. Mereka sangat bersyukur atas anugerah tersebut.

Hikmah dari Cerita Dongeng Bergambar Anak : Kisah Si Pendongeng adalah

Kita tidak perlu gentar dalam mencoba sesuatu yang positif. Kita bisa belajar dari kisah ini. Keberanian si pemuda dalam mengikuti sayembara yang diadakan oleh sang raja mengantarkannya pada keberuntungan dan kehidupan yang lebih baik. (Uli)

loading...