Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur Dari Israel Pengemis Yang Jujur

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Jumat, 11 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pada suatu hari, seorang pengemis yang jujur sedang berjalan di sebuah gang sempit. Tiba-tiba, ia melihat sebuah tas kulit. la mengambil tas itu dan melihat isinya.

“Ya Tuhan, tas siapa ini? Ada seratus koin emas di dalamnya. Aku harus mencari pemiliknya,” pikir pengemis.

Pengemis pun segera belari menuju pasar. Kebetulan, di pasar ada seorang pedagang yang membuat pengumuman. “Aku kehilangan dompet kulit berisi koin emas. Aku akan memberikan hadiah bagi siapa pun yang menemukannya,” teriak pedagang.

Pengemis segera menemui pedagang dan menyerahkan tas kulit yang ia temukan. “Tuan, aku menemukan tasmu. Kini, berikan hadiahnya untukku sesuai janjimu,” kata si pengemis.

Ternyata si pedagang adalah orang yang licik dan serakah. la hendak menipu pengemis. “Hadiah?’ teriak si pedagang dengan kasar sambil menghitung koin emasnya dalam tas kulit.

“Tas kulitku yang jatuh berisi 200 koin emas. Tas ini hanya berisi 100 koin emas. Kau pasti sudah mengambil sisanya, kan? Pergilah, sebelum aku laporkan polisi bahwa kau mencuri koin emasku!” kata pedagang dengan kasar.

“Aku memang pengemis. Tapi, aku orang yang jujur,” kata pengemis, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (10/09/2020).

“Mari kita bawa masalah ini kepada hakim,” ucap pengemis kembali.

Akhirnya, mereka pergi menemui hakim. Hakim dengan saksama mendengarkan kisah keduanya. Lalu, hakim mengangguk-ngangguk.

“Aku tahu bagaimana cara menyelesaikan masalah ini,” kata hakim yang bijaksana.

“Pedagang, kau bilang tas kulitmu berisi dua ratus koin emas. Sementara, pengemis mengatakan ia menemukan tas kuiit yang hanya berisi seratus koin emas. Berarti tas itu bukan milikmu. Sekarang, berikan tas itu kepada pengemis. Pengemislah pemilik tas itu.”

Akhimya, tas kulit berisi seratus koin emas itu menjadi milik pengemis. Sementara, pedagang yang serakah dan sombong hanya bisa gigit jari. Itulah nasib orang yang serakah dan tidak menepati janji.

Pesan Moral dari Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur : Pengemis Yang Jujur (Israel) adalah jika kita berjanji, tepatilah. Sebab, janji adalah hutang yang harus dibayar. Jangan pernah mengingkari janji. Tuhan sangat membenci orang yang sering tidak menepati janji. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: