Cerita Dongeng Anak Pendek Bejudul Kisah Hadiah Untuk Nenek

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Minggu, 1 Agustus 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Seorang gadis kecil ingin membeli kado spesial. Besok adalah hari ulang tahun neneknya. Tapi ia belum tahu, kado apa yang tepat untuk neneknya.

“Apa yang akan kuberikan kepada Nenek?” ucap gadis itu seorang diri.

Gadis itu memang hanya tinggal bersama neneknya. Ia tak punya siapa-siapa lagi. Neneknya mengurusnya sejak ia masih bayi, dan menyayanginya dengan sepenuh hati. Karena itulah, gadis itu juga sangat menyayangi neneknya.

“Aku harus bekerja agar mendapatkan uang,” cetus gadis itu, tampak senang.

Ya, ia telah mendapat ide.

Tanpa membuang waktu, gadis itu langsung pergi ke hutan. Ia akan mencari kayu bakar untuk dijual ke pasar.

Di hutan, ia bertemu dengan seekor serigala yang kelaparan.

Serigala tersebut berniat untuk memangsa gadis itu.

“Mau pergi ke mana, gadis manis?” tanya Serigala, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (31/07/2021).

“Aku hendak mencari kayu bakar untuk dijual. Dengan mendapat uang dari menjual kayu bakar, aku bisa membeli hadiah untuk nenekku,” jawab gadis itu.

Aha! Serigala mempunyai ide. Ia akan mengajak gadis itu ke rumahnya. Dengan begitu, ia tak perlu susah payah menangkap gadis itu.

“Aku tahu tempat yang ada banyak kayu bakarnya. Letaknya di gua sana,” kata Serigala sambil menunjuk arah ke gua, yang tak lain adalah rumahnya.

Gadis itu pun percaya kepada Serigala. Dengan riang, ia berlari menuju gua.

Namun, sesampainya di gua, ternyata tidak ada apa-apa. Hanya kegelapan yang menyelimuti gua

“Kau sudah sampai rupanya, gadis manis.” terdengar sebuah suara saat gadis itu sudah di dalam gua. Dari kegelapan, keluarlah Serigala.

“Mana kayu bakar yang kau katakan. Serigala?” tanya gadis itu.

“Tak ada kayu bakar di gua ini. Yang ada hanya engkau yang akan menjadi makan malamku,” ujar Serigala yang berubah menjadi sangat ganas.

Serigala itu hendak menerkam gadis kecil itu. Tapi, dengan cepat, gadis itu berhasil menghindar. Kepala serigala pun menghantam dinding gua, dan membuatnya tak sadarkan diri.

Gadis kecil itu merasa kasihan dan mendekat ke Serigala. Ia memegang bulu Serigala. Wah, ternyata sangat lembut. Gadis itu pun mempunyai ide. Ia membawa pulang kulit Serigala, dan akan ia jadikan sebagai selimut untuk neneknya.

Gadis itu pulang dengan sangat gembira. Akhirnya ia bisa mendapatkan hadiah untuk nenek. Neneknya pun tak kalah senang. Bukan karena hadiahnya, melainkan usaha yang dilakukan cucunya itu untuk memberinya hadiah.

Hikmah yang dapat diambil dari Cerita Dongeng Anak Pendekini adalah hadiah untuk orang yang kita sayangi tidak harus benda yang mewah.Yang terpenting adalah ketuluson hati kita saat memberikannya. (Uli)