Cerita Dongeng Anak Berjudul Kancil Dan Seekor Burung Unta

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Kamis, 3 Juni 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Tita Burung Unta memiliki mata yang bulat dan cantik. Tubuhnya yang besar serta kakinya yang jenjang sungguh elok dilihat. Gerakannya lincah ceria. Dia selalu ramah dan murah senyum. Kelihatannya dia sangat bahagia.

Tapi, sebenarnya Tita Burung Unta sering merasa sedih. “Aku tidak pernah bahagia,” keluhnya selalu. “Dan aku tahu sebabnya, yakni karena aku tidak sama seperti burung yang lain. Aku tidak bisa terbang dan tidak bisa menikmati ketinggian langit.”

Seperti burung unta yang lain, Tita memang tidak memiliki kemampuan terbang. Sayapnya tidak cukup besar, tidak sebanding dengan postur tubuhnya. Sebenarnya kemampuan berlari burung unta sangatlah baik, bahkan sempurna. Tetapi tetap saja keinginan untuk terbang adalah impian bagi semua jenis burung. Itu yang membuat Tita Burung Unta sering merasa sedih, karena mimpinya untuk terbang tidak bisa terpenuhi.

Suatu hari, tanpa sengaja Tita Burung Unta bertemu seekor Kancil di dalam hutan. Entah kenapa Tita menceritakan kesusahannya pada Kancil yang tidak dikenalnya itu.

“Tita, seharusnya kau tidak boleh bersedih hanya karena tidak bisa terbang. Bukankah kaki milikmu sudah berkerja dengan baik? Burung Unta dapat berlari dengan kecepatan yang luar biasa. Itu adalah hal yang sangat mengagumkan. Lagi pula berjalan kaki itu menyehatkan,” kata Kancil, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (02/06/2021).

Tita Burung Unta merenung. Lama ia terdiam. Hingga akhirnya ia berkata dengan ceria. “Ya, ya, kau benar! Aku tak seharusnya bersedih karena tak bisa terbang. Bahkan kakiku jauh lebih baik daripada sayap. Aku seharusnya bersyukur. Kau sungguh binatang yang bijak. Aku sangat berterima kasih.”

Kancil tersenyum. Rupanya kata-katanya tadi telah membuat teman barunya merasa lebih baik.

Tita Burung Unta pamit pulang kepada si Kancil. Dia melangkah dengan riang. Ia merasa lega sekaligus senang tiada tara karena telah mampu mengenali kemampuan dirinya sendiri.

Pesan moral dari Cerita Dongeng si Kancil dan Seekor Burung Unta  adalah bersyukur atas apa yang dimiliki adalah hal yang terpuji. Setiap makhluk hidup memiliki keistimewaan masing-masing, seperti kalian juga. (Uli)

loading...