Cerita Dongeng Anak-Anak Lembu Jantan Yang Iri Pada Babi

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Rabu, 12 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dahulu kata, hidup dua ekor lembu jantan bernama si Merah Besar dan adiknya si Merah Kecil. Keduanya bekerja sebagai penarik gerobak milik seorang petani di sebuah desa di India.

Suatu hari, sang petani berencana menikahkan anak perempuannya. la akan menyembelih babi sebagai hidangan utama pernikahan. Sebelum disembelih, jauh-jauh hari babi diberi makanan yang lezat-lezat agar tubuhnya cepat gemuk.

Si Merah Kecil iri melihat babi yang mendapat makanan yang lezat-lezat. “Ini tidak adil, Kak? Kita yang sudah bekerja keras hanya diberi makan rumput kering, sedangkan babi pemalas itu mendapat makanan yang lezat-lezat,” kata si Merah Kecil, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (11/08/2020)

Si Merah Besar tersenyum mendengar rasa iri adiknya, “Adikku, jangan engkau iri pada babi itu. la sebenarnya diberi makanan kematian. la dibuat gemuk karena akan disembelih. Makanlah rumput keringmu. Bersyukurlah karena engkau akan hidup Iebih lama dibandingkan babi itu.”

Dua minggu kemudian, setelah babi cukup gemuk, petani pun menyembelihnya. Kini daging babi yang besar telah tersaji di pesta pernikahan anak petani.

Si Merah Besar berkata kepada adiknya sambil menunjuk daging babi di meja makan, “Kau percaya sekarang, Adikku?”

“Iya, Kak,” kata si Merah Kecil. “Kita hanya makan rumput kering setiap hari, tapi nasib kita Iebih baik dibandingkan babi pemalas itu. Makanan babi memang lezat-lezat, tapi itu hanya sementara sebelum kematian datang menjemput,” lanjutnya lagi. Setelah mengerti, si Merah Kecil tidak pernah lagi iri pada babi.

Pesan Moral dari Contoh Cerita Dongeng Rakyat dari India adalah jangan jadi anak yang suka iri pada orang lain. Belum tentu anak yang membuatmu iri itu mempunyai nasib yang lebih baik dibandingkan dirimu. Syukurilah apa adanya dirimu. Jangan suka mengeluh. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: