Cerita Dongeng Anak-Anak Dari Yunani Pengembara Dan Beruang

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Selasa, 19 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dua pengembara pergi ke dalam hutan. Hutan itu dikenal sebagai hutan yang penuh dengan binatang buas. Sebenarnya dua pengembara itu merasa takut. Tetapi, dalam perjalanan kali ini, mereka memang harus melewati hutan itu.

“Apa yang akan kau lakukan jika ada binatang buas di sini?” tanya Pengembara Pertama.

“Aku akan berlari. Tapi kalau temanku kesulitan, aku akan terlebih dulu menolong temanku,” jawab Pengembara Kedua, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (18/01/2021).

Mereka terus berjalan melewati hutan. Sesampainya di tengah hutan, rupanya ada beruang yang mengikuti mereka. Beruang itu mengagetkan mereka.

Pengembara Pertama langsung berlari menyelamatkan diri. Ia tak menghiraukan Pengembara Kedua. Pengembara Pertama naik ke atas pohon yang tinggi. Sementara itu, ia melihat temannya hampir diserang oleh beruang.

Pengembara Kedua sungguh panik. Ia ingat sebuah cerita. Konon, beruang tidak akan pernah menyerang musuh yang telah mati. Pengembara Kedua lalu pura-pura mati. Dalam hati, ia masih sangat ketakutan.

Beruang itu mendekati Pengembara Kedua dan mengendus kepalanya. Sementara itu, Pengembara Pertama tak melakukan apa pun pada beruang itu. Ia tak berani menyerang beruang yang hampir memakan temannya.

Rupanya, beruang merasa bahwa Pengembara kedua telah mati. Beruang pun meninggalkan Pengembara Kedua.

Melihat hal itu, Pengembara Pertama turun dari pohon. Ia segera menghampiri Pengembara Kedua.

“Kau tak apa-apa?” tanya Pengembara Pertama.

“Kau lihat, hampir saja beruang itu menyerangku. Untunglah aku memiliki cara untuk menghindarinya,” dengus Pengembara Kedua.

“Sepertinya tadi beruang itu membisikkan sesuatu padamu. Apa yang dia bisikkan?” tanya Pengembara Pertama, penasaran. Padahal, beruang itu hanya mengendus Pengembara Kedua.

“Iya, dia berbisik dan bilang bahwa aku pergi dengan teman yang salah. Sebab, teman yang baik akan selalu ada saat temannya susah,” ucap Pengembara Kedua.

Pengembara Pertama tertunduk malu. Memang tak seharusnya ia meninggalkan Pengembara Kedua saat temannya itu sedang berada dalam kesulitan.

“Maafkan aku,” ucap Pengembara Pertama. Pengembara Kedua pun melanjutkan perjalanannya. Ia masih kesal dengan Pengembara Pertama. Padahal, ia selalu menolong Pengembara Pertama saat temannya itu sedang dalam kesulitan. Ia memang akan memaafkan Pengembara Pertama, tapi ia ingin memberi pelajaran terlebih dahulu kepada temannya itu.

Pesan moral dari Cerita Dongeng Anak Anak : Pengembara Dan Beruang adalah saat temanmu dalam masalah, bantulah dia. Jangan sampai kau meninggalkannya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: