Cerita Dongeng 1001 Malam Asal Muasal Dongeng 1001 Malam Irak

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Selasa, 17 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dahulu kala, ada seorang raja yang memiliki watak yang sangat buruk. Setiap hari ia menikahi seorang perempuan, namun keesokan hannya perempuan itu dihukum mati. Semua perempuan yang ada di negeri itu jadi ketakutan. Mereka tak mau dinikahi oleh raja dan kemudian dihukum mati.

Ada seorang gadis yang prihatin melihat hal itu. Ia ingin menyelamatkan perempuan-perempuan di negerinya. Ia pun meminta kepada ayahnya untuk merestuinya menikah dengan Raja.

“Jangan, anakku. Aku tak ingin kehilanganmu,” ucap ayah gadis itu.

“Aku sudah memiliki cara agar Raja melupakan hukumannya untukku,” ucap gadis tersebut, yakin.

Ayah gadis itu tak bisa lagi mencegahnya. Akhirnya ia menemani sang gadis menemui Raja. Hari itu juga Raja menikahi sang gadis.

Malam harinya, sebelum tidur, gadis itu menceritakan sebuah kisah kepada Raja. Kisah yang diceritakannya sangat menarik. Hal itu membuat Raja senang. Raja menyukai apa yang diceritakan oleh gadis itu. Saat Raja masih asyik mendengarkan cerita gadis itu, rupanya hari sudah pagi

“Saya akan melanjutkan centanya besok malam,” ucap gadis tersebut, dilansir dari Dongengceitarakyat.com (16/11/2020).

Raja setuju. Hari itu sang gadis yang sudah menjadi istri Raja tak dihukum mati seperti gadis-gadis sebelumnya. Raja masih ingin mendengarkan kisah dari gadis itu.

Malam berikutnya masih sama. Raja sangat antusias. Ia ingin segera mendengarkan kelanjutan kisah yang diceritakan oleh si gadis.  Maka sang gadis pun melanjutkan ceritanya. Sekali lagi, dia membuatRaja senang. Keesokan harinya, Raja tak menghukumnya, sebab cerita yang dikisahkan oleh sang Gadis masih belum selesai. Raja masih ingin mendengarkan kelanjutannya.

Begitu seterusnya. Hingga 1001 malam gadis itu bercerita. Ia berhasil menyelamatkan perempuan-perempuan di negerinya. Gadis itu juga bisa membuat Raja melupakan hukuman terhadapnya. Kisah-kisah yang dimiliki gadis itu mampu membuat Raja kembali menjadi Raja yang baik.

Rakyat menjadi senang. Akhirnya mereka bisa hidup tenteram lagi tanpa harus takut dengan rajanya.

Pesan moral dari Asal Muasal Dongeng 1001 Malam Irak adalah hadapilah suatu masalah dengan pikiran jernih dan akal sehat. Pasti kau akan mampu menyelesaikannya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: