Cerita Dari Negeri Dongeng  Pangeran Elf Elgir Yang Proaktif

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Kamis, 1 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dahulu kala tersebutlah sebuah kerajaan Elf yang indah dan makmur. Kerajaan ini diperintah oleh Raja Elfor yang sangat bijaksana.

Raja Elfor memiliki dua putra yaitu Pangeran Eltar dan Pangeran Elgir.Keduanya pandai dan baik hati. Ketika tiba waktunya untuk memilih penerus, Raja Elfor memberikan masing-masing putranya sebuah wilayah kecil untuk diurus. Siapa yang dapat memimpin wilayahnya dengan lebih baik akan menjadi penerus sang raja.

Pangeran Eltar mendapat wilayah kecil di utara. Dia segera membentuk pemerintahan dan menanti laporan dari warganya para Elf. Ketika tidak ada laporan, dia menganggap semuanya berjalan dengan baik.

Sesekali para Elf datang membawa masalah mereka dan Pangeran Eltar akan membantu memecahkan masalah itu karena dia seorang pangeran yang pandai.

Pangeran Elgir mendapat wilayah di bagian selatan Kerajaan Elf. Setibanya di daerah barunya di selatan, dia juga langsung membentuk pemerintahan dan menantikan laporan. Ketika tidak ada laporan masuk, dia pun berkuda mengelilingi daerahnya.

Pangeran elgir menemui para petani dan melihat sawah mereka berkembang dengan baik, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (30/09/2020).

Namun dia tetap mempelajari cara bercocok tanam mereka dan berhasil menemukan cara bercocok tanam yang lebih baik.

Pangeran Elgir juga memperhatikan sungai di daerahnya. Dia melihat beberapa retakan kecil pada dinding sepanjang sungai dan dia langsung memerintahkan supaya tembok itu diperbaiki.

Pangeran Elgir juga berknjung ke negara tetangga yang terletak di selatan. Negara itu besar dan rajanya mempunyai seorang putri yang cantik.

Pangeran elgir mengirim bunga kepada sang putri dan menunjukan cara bercocok tanam yang baru diciptakannya kepada raja. Raja sangat terkesan.

Lalu datanglah musim kemarau panjang. Pangeran Eltar di utara mulai mendapatkan laporan buruk tentang panen yang gagal. Dia langsung berangkat naik kuda untuk membantu warganya sebisanya.

Namun situasi yang berbeda terlihat di wilayah Pangeran Elgir. Warganya tidak kekurangan pangan karena mereka telah menerapkan cara bercocok tanam baru yang diciptakan Pangeran Elgir.

Lalu musim hujan datang. Pangeran Eltar di utara menerima laporan tentang dinding sungai yang mulai runtuh. Dia segera berkuda kesana dan sebisa mungkin membantu rakyatnya mengatasi masalah itu.

Daerah Pangeran Elgir untungnya tidak terlalu terkena pengaruh banjir karena dinding sungai yang lebih tinggi dan lebih kuat yang telah mereka bangun sebelumnya.

Lalu pangeran Eltar diserang oleh negara tetangga di utara. Walaupun Pangeran Eltar gagah berani, dia hampir kalah.

Raja Elfor mengirim pasukan untuk membantu putranya. Pangeran Elgir dengan dibantu raja dari selatan, juga mengirimkan bala bantuan. Tidak lama kemudian para penyerang itu berhasil dikalahkan.

Setelah itu, Raja Elfor memanggil kedua putranya kembali ke Istana. Pangeran Eltar mengakui adiknya berhasil memimpin dengan lebih baik. Raja Elfor pun menganugerahkan mahkotanya kepada Pangeran Elgir.

Pangeran Elgir tidak memerintah sendirian karena tidak lama kemudian dia mendapatkan pendamping seorang ratu yang cantik yaitu putri raja dari selatan.

Pesan moral dari Kumpulan Cerita Negeri Dongeng : Pangeran Elf Elgir adalah Apakah arti dari mengambil inisiatif? Mengambil inisiatif artinya berpikir ke dapan dan melakukan sesuatu sebelum terlambat, mengendalikan keadaan dan bukan dikendalikan oleh keadaan, memikirkan cara untuk membuat keadaan menjadi lebih baik tanpa disuruh. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: