Cerita Bergambar Anak SD Dari Yunani Monyet Dan Kucing

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Minggu, 22 Maret 2020

Indolinear.com, Jakarta – Kucing dan monyet tinggal serumah. Mereka dipelihara oleh seorang majikan. Setiap hari mereka selalu bersama. Makan bersama, bermain juga bersama.

Monyet tak seperti kucing. Monyet memiliki sifat yang licik. Padahal, kucing adalah sahabat yang baik.

Suatu hari, sang Majikan sedang membakar kacang. Majikan itu meninggalkan kacang tersebut. Saat itulah kucing dan monyet mendekat ke tempat kacang itu dibakar.

“Biar aku saja yang mengambil kacang-kacang itu,” ujar Monyet.”Tetapi, tanganku lagi sakit. Apa kau mau mengambil kacang-kacang itu di dalam api? Setelah itu aku akan membagi rata denganmu,” lanjutnya kepada Kucing.

Monyet berpura-pura baik. Padahal, ia ingin mengambil semua kacang yang sedang dibakar.

“Baiklah, aku akan mencoba mengambilnya,” ucap Kucing, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (21/03/2020).

Kucing pun mencoba mengambil kacang-kacang itu. Olala… bulu-bulunya sampai terbakar. Sementara itu, Monyet berada di belakangnya, memunguti kacang yang sudah diambil oleh Kucing.

Monyet memang sangat licik. Saat Kucing tengah sibuk mengambil kacang di dalam api, Monyet malah diam-diam memakan kacang itu. Sedangkan Kucing tetap fokus mengambil kacang-kacang itu dengan tangannya.

Saat Kucing menoleh, rupanya Monyet telah memakan habis semua kacang tersebut.

“Dasar kau Monyet! Tanganku sampai melepuh untuk mengambil kacang-kacang itu, sedangkan kau malah enak-enakan memakannya sendiri,” seru Kucing.

Monyet kaget saat Kucing melihatnya. Ia pikir Kucing akan tetap fokus pada kacang yang ada di dalam api.

“Maafkan aku, aku lapar sekali,” ucap Monyet.

“Kau sungguh serakah,” balas Kucing.

Kucing benar-benar marah. Sebenarnya ingin sekali ia mencakar Monyet. Namun, pemilik sudah keburu datang. Kucing dan Monyet pun segera lari agar tak diketahui oleh pemilik rumah.

Sejak saat itu, Kucing tak mau lagi berteman dengan Monyet. Tak sepantasnya teman melakukan hal seperti yang dilakukan oleh Monyet.

Pesan moral dari Dongeng Cerpen Anak Sekolah adalah jangan suka berkhianat dengan temanmu. Hargailah kepercayaan yang mereka berikan. (Uli)

INDOLINEAR.TV