Cerita Anak Singkat dari India Berjudul Keinginan Raja

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Jumat, 30 April 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Raja Khasmir sering terlihat murung. Ia memiliki beberapa istri, tetapi tak ada satu pun yang memberikan dia anak. Sungguh, hari-harinya terasa sangat menyedihkan. Istri-istrinya pun ikut bersedih, kenapa setelah sekian lama menikah, tak juga dikaruniai anak. Padahal, mereka selalu berdoa kepada dewa.

Beberapa bulan kemudian, kucing milik salah satu ratu ada yang melahirkan. Kucing itu beranak sangat banyak. Para istri Raja Khasmir berniat membohongi Raja Khasmir. Mereka memberi tahu Raja bahwa salah satu istrinya melahirkan seorang putri.

“Dewa mendengar doa kami.Tetapi, dewa meminta agar kau tak dulu melihat putrimu sampai dia menikah nanti,” ucap salah satu istri Raja Khasmir.

Raja Khasmir sungguh bahagia. Ia pun menuruti apa yang diperintahkan oleh istrinya. Tujuh belas tahun Iamanya, Raja Khasmir tak boleh melihat putrinya, hingga sang putri dewasa. Raja Khasmir telah menyiapkan pangeran yang baik dan tampan untuk putrinya.

Semua ratu sangat resah. Mana mungkin ada pangeran yang mau menikah dengan seekor kucing. Ah, sungguh itu hal yang mustahil. Semua permaisuri pun menangis dan berdoa kepada dewa agar diberikan petunjuk.

Saat pangeran pilihan datang ke istana, Permaisuri pun menjelaskan semuanya. Pangeran baik hati mengerti, lalu bersedia menikah dengan kucing itu.

Setiap hari kucing itu dirawat dengan baik oleh Pangeran. Kucing itu hanya ada di dalam kamar pangeran. Lama-lama, Pangeran terlihat sangat kesepian. Kucing itu pun berdoa kepada dewa. Ia menangis karena melihat pangeran baik hati itu bersedih.

“Dewa, janganlah kau membuat Pangeran sedih. Ia tak pantas untuk bersedih,” ucap kucing.

Dewa mendengar doa para permaisuri dan si kucing. Dewa pun memberikan keajaiban, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (29/04/2021).

“Oleskan minyak ini pada kucing itu. Ia akan berubah menjadi putri yang cantik dan baik hati,” ucap dewa.

Alangkah senang hati Permaisuri. Ia langsung pergi menemui kucing itu di kamar Pangeran, saat Pangeran tak ada di kamarnya. Permaisuri pun langsung mengoleskan minyak itu pada si kucing. Seketika, kucing itu berubah menjadi perempuan yang sangat cantik. Permaisuri sangat bahagia melihatnya.

Saat Pangeran masuk ke kamarnya, perempuan cantik itu pun menceritakan semuanya. Pangeran sangat senang. Akhirnya mereka pun hidup dengan bahagia.

Pesan moral dari Cerita Anak Singkat dari India : Keinginan Raja adalah Tuhan akan mengabulkan setiap permohonan manusia. Tuhan sayang kepada hamba-Nya yang suka berdoa kepada-Nya. (Uli)