Cerita Anak Indonesia Dongeng Fabel Kisah Tiga Ikan

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Rabu, 29 Juli 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Tersebutlah tiga ekor ikan yang hidup dengan damai di sebuah kolam dengan air yang sangat jernih. Kolam itu berada di dalam hutan di dekat sungai. Manusia hampir tidak pernah melewati tempat itu sehingga ikan-ikan itu aman dari tangkapan manusia.

Ketiga ekor ikan itu memiliki karakter dan kepribadian masing-masing. Ikan pertama tidak suka berpikir, ikan kedua baru berpikir dengan serius saat sedang terdesak, sedangkan ikan ketiga selalu berpikir dengan cermat.

Suatu hari, tidak seperti biasanya dua manusia melewati kolam tempat tinggal ketiga ekor ikan. Rupanya mereka sedang berkemah tidak jauh dari situ, dan kemudian jalan-jalan untuk menikmati pemandangan hutan. Saat melihat tiga ekor ikan yang gemuk-gemuk, mereka begitu girang.

“Ikan-ikan ini bisa menjadi santapan yang enak untuk kita nanti malam!” seru salah satu manusia. Temannya mengangguk-angguk sambil tertawa senang.

“Ayo kita kembali sebentar ke kemah untuk mengambil jaring!” dilansir dari Dongengceritarakyat.com (28/07/2020).

Kedua manusia itu pergi sejenak dari sungai. Mendengar rencana mereka, ketiga ikan menjadi panik. Mereka tidak ingin berakhir menjadi santapan manusia. Ikan ketiga terdiam dan Iangsung berpikir. Ia segera ingat bahwa ada saluran kecil yang menghubungkan kolam tersebut dengan sungai. Kemudian ia pun berenang ke saluran itu, lalu pergi menuju sungai yang airnya pun tidak kalah jernih dibanding air di kolam. Dengan demikian, selamatlah ia dari ancaman manusia yang hendak menangkapnya.

Kumpulan Cerita Anak Indonesia Fabel 3 IkanKetika kedua manusia itu kembali ke sungai, mereka bingung karena hanya mendapati dua ikan.

“Seingatku tadi ada tiga ikan di sini,” ujar salah satu dari mereka. Namun, mereka tidak mau ambil pusing. Mereka segera beraksi untuk menangkap ikan-ikan yang ada di kolam itu.

Kedua ikan terdesak. Dalam kondisi seperti itu, barulah ikan kedua terpacu untuk berpikir. Ia pun mendapatkan sebuah ide. Ia pura-pura mati sehingga tubuhnya mengambang di permukaan kolam. Tipuannya itu berhasil. Kedua manusia merasa kecewa melihat ikan tersebut sudah tidak bergerak.

“Kita buang saja ikan ini ke sungai,” kata salah satu manusia. Temannya mengangguk-angguk. Begitu dicemplungkan ke sungai, ikan kedua langsung berenang dengan cepat, pergi dari situ. Dengan demikian, selamatlah ikan kedua.

Sementara itu, ikan pertama tidak berbuat apa-apa. Ia tidak berpikir untuk melakukan sesuatu demi menyelamatkan diri. Ia hanya bisa kabur ke dasar kolam, dan hal itu malah semakin memudahkan para manusia menangkapnya. Akhirnya ikan itu pun tertangkap, dan riwayatnya berakhir dengan menjadi santapan manusia.

Pesan moral dari Kumpulan Cerita Anak Indonesia : Fabel 3 Ikan adalah

Akal pikiran merupakan “senjata” kita untuk mengatasi masalah. Karena itu, janganlah malas berpikir. Kita juga perlu mengasah pikiran kita terus-menerus supaya semakin tajam dan bisa diandalkan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: