Cegah Kemurumunan Di Malam Tahun Baru, Pemkot Bekasi Padamkan PJU Di Fasilitas Umum

FOTO: wartakota.tribunnews.com/indolinear.com
Jumat, 1 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Pemkot Bekasi, Polres Metro Bekasi Kota dan Kodim 0507/Bekasi menggelar apel kesiapsiagaan antisipasi kerumunan di malam pergantian tahun, Kamis (31/12/2020).

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto menjelaskan berdasarkan Surat Edaran Nomor: 300/7995/Satpol PP tentang Sosialisasi Larangan Berkerumun Dan Melaksanakan Kegiatan Pergantian Tahun 2020 Ke Tahun Baru 2021, masyarakat dilarang berkumpul melakukan kegiatan yang memancing kerumunan.

“Jadi pada malam ini kita akan terus lakukan monitoring dan melakukan pengawasan, tentunya akan dilakukan tindakan-tindakan yang dianggap perlu di dalam rangka untuk kita sama sama menjaga dari penyebaran virus Covid-19 di Kota Bekasi,” ungkap Tri saat apel kesiapan di Plaza Wali Kota Bekasi.

Selain melakukan penutupan jalan, pemkot juga akan mematikan akses penerangan jalan umum (PJU) di fasiltas umum dan jalan protokol.

“Di beberapa spot area itu juga ada pemadaman lampu PJU supaya tidak ada titik keramaian seperti Alun alun, Jalan Ahmad Yani, Harapan Indah dan sekitar wilayah pasar proyek, termasuk taman wilayah kolong fly over Jatiasih dan taman yang ada dibawah tol Jatiwarna untuk menghindari kerumunan bagi anak anak yang ingin menongkrong,” tuturnya, dilansir dari Wartakota.tribunnews.com (31/12/2020).

Sementara itu, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Widjonarko mengatakan kepolisian mengerahkan sebanyak 1.163 personel yang berpatroli di seluruh wilayah, termasuk daerah perbatasan.

“Langkah yang kita lakukan kita menempatkan personil di perbatasan di arah Jakarta, Kabupaten dan penyekatan lain seperti di Summarecon, tidak ada akses ke sana. Kegiatan lain yang dimungkinkan ada kerumunan kita akan tempatkan personel,” ucap Widjonarko.

Titik keramaian dipetakan berdasarkan rekam kegiatan di tahun sebelumnya saat perayaan malam pergantian tahun. Di titik tersebut, unsur tiga pilar akan melakukan penutupan akses jalan.

“Dari beberapa tahun ke belakang, seperti summarecon itu ada penutupan sehingga diharapkan tidak ada kegiatan. Kegiatan lain yang sifatnya hiburan juga ditutup tanggal 31 Desember dan 1 Januari,” ungkapnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: