Cedera Lutut, Roger Federer Absen Dari Olimpiade Tokyo 2020

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Kamis, 15 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Petenis asal Swiss, Roger Federer, memutuskan mundur dari Olimpiade Tokyo 2020 karena cedera lutut.

Hal itu diumumkan langsung oleh Roger Federer pada Selasa (13/7/2021) waktu setempat.

Dalam keterangannya, Roger Federer memutuskan absen di Olimpiade Tokyo 2020 karena merasakan masalah di lututnya setelah mengikuti Wimbledon 2021.

Roger Federer yang kini sudah berusia 39 menyatakan akan bekerja sangat keras dalam proses pemulihan cedera agar bisa kembali bermain tahun ini.

“Setelah menyelesaikan turnamen lapangan rumput (Wimbledon), saya menemukan masalah di lutut. Hal itu membuat saya memutuskan untuk mundru dari Olimpiade Tokyo 2020,” kata Federer, dilansir dari Kompas.com (14/07/2021)

“Saya tentu sangat kecewa. Sebab, mewakili Swiss adalah suatu kehormatan dan puncak karier saya,” ucap Federer.

“Saya sudah memulai proses rehabilitasi. Saya berharap bisa kembali bermain pada tur akhir musim panas tahun ini,” tutur Federer.

“Saya berharap yang terbaik untuk seluruh tim Swiss yang akan bertanding di Olimpiade Tokyo 2020,” ucap Federer menambahkan.

Pada 2020, Roger Federer tercatat dua kali naik meja operasi untuk memperbaiki lutut kanannya.

Akibat cedera lutut tersebut, peraih 20 gelar Grand Slam itu terpaksa menepi selama lebih dari satu tahun.

Roger Federer kemudian kembali bermain dengan mengikuti turnamen Grand Slam Wimbledon 2021 yang telah berakhir pada 11 Juli lalu.

Pada Wimbledon 2021, Roger Federer tercatat menyelesaikan total delapan pertandingan. Roger Federer tersingkir pada babak perempat final Wimbledon 2021 setelah kalah dari Hubert Hurkacz denan skor 3-7, 6-7, dan 0-6.

Dalam sejarah Olimpiade, Roger Federer sudah pernah meraih dua medali, yakni emas dan perak. Roger Federer meraih medali emas nomor ganda campuran ketika berpasangan dengan Stan Wawrinka pada Olimpiade Beijing 2008.

Empat tahun berselang, Roger Federer mendapatkan medali perak nomor tunggal putra pada Olimpiade London 2012.

Roger Federer saat itu gagal meraih medali emas setelah kalah dari petenis tuan rumah, Andy Murray, di partai final Olimpiade London 2012.

Roger Federer bukan satu-satunya bintang tenis dunia yang memutuskan absen mengikuti Olimpiade Tokyo 2020. Beberapa bintang lainnya yang juga sudah dipastikan absen adalah Dominic Thiem, Nick Kyrgios, Simona Halep, Serena Williams, hingga Rafael Nadal.

Adapun salah satu rival Roger Federer yang baru saja meraih gelar juara Wimbledon 2021, Novak Djokovic, sampai saat ini masih belum membuat keputusan. Seusai final Wimbledon 2021, Novak Djokovic menyatakan persentase dirinya mengikuti Olimpiade Tokyo 2020 hanya sebesar 50 persen.

Setelah sempat tertunda satu tahun akibat pandemi virus corona, Olimpiade Tokyo 2020 dijadwalkan akan dimulai pada 23 Juli sampai 8 Agustus 2021. (Uli)

loading...