Cat Mobil Memudar, Begini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 22 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Mobil baru pastinya memiliki tampilan cat yang bagus dan mengkilap. Namun, sejumlah kesalahan pemilik kendaraan, bisa membuat kelir kendaraan kesayangan menjadi pudar dalam waktu tertentu.

Tidak bisa dipungkiri, sebagai alat transportasi, mobil memang harus berhadapan dengan berbagai kondisi cuaca maupun bermacam kejadian di sekitarnya yang bisa menghasilkan efek negatif. Hal inilah yang perlu kita ketahui agar cat mobil selalu mengkilap dan awet.

Pasalnya, cat mobil yang bersinggungan dengan perubahan cuaca secara ekstrim dan terus menerus tentu akan ada batas kemampuannya. Dalam menjaga kilau cat mobil dalam kondisi baik, pencegahan sangat penting.

Dilansir dari Liputan6.com (20/12/2021), hal pertama yang perlu diketahui adalah paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan cat mobil pudar.

Hal ini bisa terjadi jika pemilik selalu memarkirkan mobil di bawah terik dan panasnya matahari. Parkir tanpa atap seperti ini secara terus menerus dalam jangka waktu lama tentu akan mempengaruhi kilau cat.

Hingga jika dibiarkan begitu terus maka cat mobil pun bisa pudar di beberapa bagian. Langkah mencegahnya mudah, hindari lokasi parkir tersebut, cari atau pilih yang ada atapnya untuk menghindari paparan langsung terik matahari.

Selanjutnya yang bisa memicu cat mobil pudar adalah paparan dengan cairan kimia tertentu. Contohnya adalah air aki, bensin, thinner dan lainnya, jika tumpah atau mengenai permukaan bodi mobil dan tak segera dibersihkan maka bisa jadi membuat car pudar.

Untuk itu berhati-hatilah terhadap cairan kimia tersebut, hindari parkir atau mendekati area di mana cairan tersebut berada. Saat mengisi bahan bakar, lakukan dengan tepat dan aman agar tak ada yang mengenai permukaan bodi.

Penyebab lainnya

Masih ada lagi yang menyebabkan pudarnya cat mobil, yaitu penanganan, perbaikan atau pengecatan mobil yang buruk.

Jika mobil pernah dicat ulang di tempat yang tak terjamin kualitas pengerjaannya maka bukan tak mungkin kualitas catnya buruk.

Jika demikian, di kemudian hari area yang dicat ulang tersebut bisa pudar dan membuat tampilan mobil secara keseluruhan tidak sedap dipandang.

Untuk itu penting bagi kita untuk memilih bengkel perbaikan bodi yang terjamin dan terbaik. (Uli)