Cara Umpan Jauh Dan Dekat Dalam Olahraga Bola Basket

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Senin, 19 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Cabang olahraga bola basket membutuhkan kerja sama antar pemain ketika berupaya mencetak angka menuju keranjang di wilayah lawan.

Salah satu bentuk kerja sama tersebut dilakukan dengan memindahkan bola antar pemain, hingga salah satu di antara pemain menemukan kesempatan untuk menembak.

Gerak memindahkan bola dari satu pemain menuju ke yang lain dalam satu tim disebut sebagai teknik mengumpan atau passing pada permainan bola basket. Teknik mengumpan atau passing bisa dilakukan dengan cara melempar bola baik dalam jangkauan jarak dekat maupun jauh di lapangan.

Untuk melakukan operan, para pemain bola basket mempunyai ragam teknik dasar yakni chest pass, bounce pass, dan overhead pass. Dalam permainan bola basket, ketiga teknik operan tersebut dilakukan para pemain sesuai dengan jarak rekan setim sebagai tujuan mengarahkan bola.

Umpan jarak dekat dalam bola basket

Teknik yang digunakan mengoper bola jarak dekat yaitu variasi operan dasar chest pass atau umpan setinggi dada pemain. Pilihan operan dengan teknik dasar chest pass, dipakai untuk mengarahkan bola kepada rekan seetim yang berada dalam jarak dekat.

Cara mengoper bola dengan dua tangan dari depan dada dengan arah bola lurus ke depan dalam bola basket disebut sebagai chest pass. Operan dilakukan menggunakan dorongan jari-jari bukan telapak tangan, sehingga lajunya memutar agar sulit direbut oleh pemain lawan.

Ragam teknik lain yang bisa dilakukan untuk mengoper bola kepada rekan setim adalah dengan memantulkannya lebih dulu ke permukaan lapangan. Upaaya memberikan bola kepada teman satu tim dengan cara bola dipantulkan terlebih dahulu merupakan teknik bounce pass.

Umpan jarak jauh dalam bola basket

Variasi operan tertentu dapat dilakukan, apabila seorang pemain ingin memberikan bola kepada rekan setim yang berada cukup jauh darinya. Contoh teknik umpan jarak jauh dalam bola basket adalah mengoperkan bola melewati kepala (overhead pass) atau menggunakan baseball pass.

Seperti dilansir dariĀ  Kompas.com (18/07/2021), baseball pass adalah upaya melemparkan bola dengan satu tangan untuk memberikannya kepada pemain satu regu dalam jarak cukup jauh. Misalnya, saat pemain yang dituju berdiri bebas dari kawalan lawan di ujung lapangan permainan berbeda, dari anggota tim yang sedang memegang bola. (Uli)