Cara Senam Kegel Untuk Pria Dan Wanita Serta Sederet Manfaatnya

FOTO: liputan6.om/indolinear.com
Sabtu, 2 Maret 2019

Indolinear.com, Jakarta – Bagi banyak orang mungkin masih jarang mendengar istilah senam kegel. Namun bagi sebagian orang, senam kegel sendiri merupakan hal yang biasa terutama bagi para wanita. Hal ini dikarenakan senam kegel memang lebih sering dilakukan oleh wanita. Namun rupanya senam kegel bisa juga dilakukan oleh pria.

Cara senam kegel bagi pria dan wanita sebenarnya mudah dilakukan. Bahkan kamu bisa mencobanya tanpa bantuan instruktur.

Senam kegel sendiri merupakan sebuah senam untuk melatih otot dasar panggul. Senam kegel sendiri saat ini pun sudah semakin populer dan ramai dikalangan pria dan wanita. Meskipun cara senam kegel ini sebenarnya dilakukan bagi para wanita yang baru melahirkan. Namun karena memiliki banyak manfaat, para pria dan wanita pun bisa mempraktikannnya.

Senam kegel sendiri terfokus untuk mengencangkan otot panggul bawah. Sehingga meskipun disebut senam, tapi cara senam kegel ini tidak perlu menggerakan anggota tubuh loh. Otot panggul sendiri sering dugunakan untuk mengendalikan urin. Karena itulah, senam ini awalnya ditujuna bagi para wanita yang baru melahirkan. Karena pada wanita yang baru melahirkan, mereka cenderung mengalami masalah inkontinensia urine atau tak bisa menahan kencing.

Dilansir dari Liputan6.com (01/03/2019) senam ini mulai dikembangkan pada tahun 1940-an oleh seorang dokter spesialis kandungan asal Amerika Serikat, dr. Arnold Kegel. Cara senam kegel yang mudah serta memiliki banyak manfaat terkait kondisi kesehatan termasuk yang menyangkut organ reproduksi membuat senam ini banyak diminati.

Manfaat senam kegel

Senam kegel memiliki banyak manfaat bagi pria dan wanita. Apabila kamu sering melakukan senam kegel ini, tentu saja kamu akan mendapatkan perubahan pada tubuhmu. Berikut ini beberapa manfaat jika kamu melakukan cara senam kegel dengan baik dan rutin.

  1. Bagi Wanita

– Mempercepat pemulihan vagina setelah melahirkan.

Melakukan senam kegel ini bisa loh membantu kamu untuk meningkatkan kembali sirkulasi darah ke area vagina setelah melahirkan. Tentu saja jika peredaran darah lancar, dan memiliki berbagai nutrisi, hal ini diperlukan untuk meregenarsi sel dan juga jaringan vagina. Karena setelah melahirkan, banyak sel dan juga jaringan vagina yang mengalami kerusakan.

– Merapatkan vagina setelah menjalani persalinan

– Mengatasi wasir (ambeien).

Setelah melahirkan secara normal, jika kamu rutin melakukan senam kegel ini, maka aliran peredaran darahpun akan lancar ke area vagina dan juga dubur.

– Mengencangkan vagina.

Saat memasuki fase menopause pada wanita, vagina pun akan mengundur. Dengan melakuan senam kegel ini, kamu bisa mengencangkan vagina kembali.

  1. Bagi Pria

Selain bermanfaat bagi kaum wanita, senam kegel juga memiliki manfaat bagi para pria. Tentu saja jika ingin mendapatkan manfaatnya, kamu sebaiknya melakukan senam kegel ini secara rutin. Bukan hanya satu atau dua kali saja.

– Membantu meredakan inkontinensia urine.

Inkontinensia urine sendiri adalah kondisi seseorang yang tidak bisa menahan buang air kecil. Hal ini terjadi pada pria dan juga wanita. Melakukan senam kegel sendiri dirasa berhasil untuk mengatasi masalah ini.

– Melancarkan peredaran darah dan membantu ereksi lebih kuat.

Dr. Sandra Hilton, PT, DPT, seorang dokter terapi fisik di Entropy Fysiotherapy and Wellness di Chicago, Illinois, mengatakan bahwa melakukan senam kegel bisa mengembalikan kekuatan, fleksibilitas, koordinasi serta stamina sang pria. Selain itu sering melakukan latihan dengan cara senam kegel yang benar bisa bantu mengendalikan respon dan funsi seksual menjadi lebih baik.

– Membantu atasi ejakulasi dini.

Dalam International Journal of Andrology, melakukan senam kegel bisa untuk menngatasi ejakulasi dini. Jika kamu melakukan latihan cara senam kegel dengan rutin selama kurang lebih 12 minggu, ini bisa membantu 50% pria dalam mengatasi ejakulasi dini. Tentu saja ini bermanfaat untuk menunda orgasme dan aktivitasa seks yang dilakukan akan lebih memusakan.

– Mencegah masalah pada prostat.

Senam yang melatih otot-otot pada panggul ini bisa juga mengatasi berbagai masalah yang terjadi di sekitar prostat.

Cara melakukan senam kegel

Cara senam kegel sendiri terbilang mudah dan praktis. Selain itu terdapat senam kegel yang diperuntukan bagi pria dan juga wanita. Namun perlu diketahui sebelum mulai melakukan senam kegel, sebaiknya kamu mengosongkan kandung kemih terlebih dahulu. Hal ini akan membuat kamu merasa nyaman saat melakukan senam kegel.

  1. Cara Senam kegel bagi pria

– Simple Squeeze and Release.

Jika kamu memiliki otot panggung yang lemah, kamu bisa memulainya dengan simple squeeze and release. Kamu hanya perlu mengencangkan otot panggul selama kurang lebih 3 detik, kemudian lepaskan. Kamu bisa melakukan gerakan ini kapan saja, baik pagi, siang atau malam hari. Namun sebaiknya lakukan gerakan tersebut berulang sebanyak 20 kali dalam sehari.

– Menahan buang angin.

Salah satu cara senam kegel yang bisa kamu lakukan ialah membayangkan menahan buang angin. Mempraktikan senam kegel menahan buang angin ini kamu perlu untuk fokus dan juga berkonsentrasi pada kontraksi otot anus. Saat kontraksi terjadi, maka kamu bisa merasakan sensai kencang pada otot tersebut. Jika kamu merasakan adanya sensasi tersebut, itu tandanya senam yang kamu lakukan telah benar.

– Latihan dengan cermin.

Bagi pria bisa mencoba mempraktikan senam kegel menggunakan cermin. Hal yang perlu kamu lakukan ialah mengamati gerakan bagian penis tana menggerakan badan. Latihan ini tentunya bisa meningkatkan otot yang ada diarea tersebut hingga anus. Sebaiknya lakukan latihan ini dalam waktu 5 detik.

– Latihan sambil berhubungan intim.

Kamu juga bisa malakukan senam kegel saat sedang berhubungan seksual dengan pasanganmu. Bahkan kamu bisa meminta pasangan kamu untuk melakukan hal yang sama pada otot panggul, sehingga manfaat dari latihan ini bisa dirasakan kedua pihak.

  1. Cara senam kegel bagi wanita

– Tentukan otot yang akan dilatih.

Sebelum memulai latihan senam kegel, ada baiknya untuk mengetahui dimana letak otot yang akan dilatih. Menentukan otot ini bisa kamu lakukan saat buang air kecil, kemudian sentikan sesaat setelahnya kamu akan menemukan otot yang akan dilatih tersebut.

– Kencangkan otot dengan berbaring.

Cara senam kegel yang pertama bisa kamu lakukan dengan berbaring. Kemudian lakukan gerakan seperti ingin buang air kecil dan tahan selama 3 detik setelah itu lepaskan dan istirahatkan selama 3 detik. Ada baiknya jika durasi menahan dan mengistirahatkan tersebut kamu tambah satu detik. Hingga akhirnya kamu menahannya dan mengistirahatkan pada durasi 10 detik. Sebaiknya lakukan latian ini 3 kali sehari dan juga rutin untuk menadapatkan hasil maksimal.

– The relaxer.

Dalam sebuah buku The Sex and Pleasure Book milik Carol Queen,PhD kamu disarankan untuk memeras otot panggul ketika melakukan senam kegel. Kamu bisa melakukannya semampu dan sekencangnya dan tahan selama 2 detik kemudian lepaskan dan rilekskan diri mengan menghembuskan nafas panjang. Melakukan latihan ini pun sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari. (Uli)