Cara Mudah Untuk Mensterilkan Masker Agar Dapat Digunakan Kembali

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 13 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Penggunaan masker merupakan hal yang penting dilakukan pada saat ini. Salah satu jenis masker yang disebut hanya bisa digunakan satu kali adalah masker jenis N95.

Percobaan terbaru mengungkap bahwa masker N95 ternyata bisa disterilkan kembali sehingga bisa digunakan ulang. Dilansir dari Merdeka.com (11/08/2020), percobaan ini dilakukan oleh peneliti dari The University of Illinois, Urbana-Champaign. Penelitian dilakukan oleh pakar lingkungan, profesor Helen Nguyen dan Vishal Verma dengan hasil temuan yang dipublikasikan pada jurnal Environmental Science and Technology Letters.

Cara mensterilkan masker ini sangat mudah dan hanya menggunakan rice cooker. Diketahui bahwa meletakkan masker selama 50 menit di dalam rice cokker bisa men-dekontaminasi bagian dalam masker N95 sambil menjaga kondisinya tetap baik.

Hal ini berarti bahwa melakukan hal tersebut bisa membuat masker N95 dapat digunakan kembali. Hal ini tentu sangat penting terutama karena stok masker tersebut yang kadang terbatas.

“Terdapat banyak cara berbeda untuk mensterilkan sesuatu, namun sebagian besar bakal menghancurkan penyaring pada masker N95,” terang Verma.

“Metode sanitasi lain tidak bisa men-dekontaminasi seluruh permukaan masker sambil tetap menjaga efisiensi penyaringan serta cukupnya masker menutupi wajah penggunanya. Ketika kondisinya tak tepat, hal ini tidak memberi perlindungan yang benar,” sambungnya.

Peneliti menduga bahwa panas dari rice cooker bisa menjadi metode tepat dalam mensterilkan masker tanpa menimbulkan dampak buruk. Cara ini juga sangat mudah untuk dilakukan dan diterapkan di rumah secara mandiri.

Melalui serangkaian percobaan, diketahui bahwa rice cooker sebaiknya dalam kondisi kering dan tanpa air. Selain itu, suhu rice cooke juga sebaiknya tetap dalam 100 derajat Celcius selama 50 menit.

Untuk menjaga agar masker tidak rusak atau terbakar, pastikan tidak bersentuhan langsung dengan lapisan rice cooker dan gunakan handuk sebagai alas. Selain itu, sterilisasi terhadap banyak masker secara bersamaan juga bisa dilakukan.

Cara sterilisasi masker N95 ini disebut bisa bermanfaat pada pekerja medis di klinik atau rumah sakit kecil yang tidak memiliki perlengkapan sanitasi memadai. Bagi individu lain yang memiliki masker N95 cara ini juga bisa diterapkan untuk membuat masker mereka bisa digunakan berulang kali. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: